Mudah dan Murah, Ini Daftar Obat Alami Rematik

- Rabu, 2 Juni 2021 | 14:29 WIB
Jahe dan Kunyit.
Jahe dan Kunyit.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sampai sekarang, belum ada obat yang diketahui ampuh untuk menyembuhkan rematik secara utuh. Pola hidup sehat dan obat pereda nyeri umumnya menjadi rekomendasi dokter untuk mengatasi kondisi tersebut. Namun selain itu, ada juga obat rematik alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri rematik.

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Biasanya, kerusakan yang terjadi bisa menimbulkan nyeri hebat atau sampai membuat sendi kehilangan fungsi bergerak, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Obat Rematik Alami yang Umum Digunakan
Penyakit rematik ada banyak jenisnya, mulai dari rheumatoid arthritis, osteoarthritis, penyakit asam urat, sindrom Sjorgen, dan lupus. Pada hampir semua penyakit rematik, peradangan terlibat sebagai bagian dari proses penyakit itu sendiri.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang memanfaatkan herba yang memiliki khasiat antiradang dan bisa dikonsumsi sehari-hari sebagai obat rematik alami untuk membantu meredakan peradangan dan gejala pada penyakit rematik. Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah sederet obat rematik alami yang umum digunakan:

1. Kunyit dan lada hitam
Selain sebagai bumbu kari, kunyit sudah umum digunakan sebagai obat pencernaan tradisional di India. Namun tidak hanya itu, bumbu dapur berwarna kuning ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati rematik, lho.

Kurkumin yang terkandung pada kunyit merupakan senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan kuat, antiradang, antibakteri, dan antijamur. Inilah mengapa kunyit bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kondisi, termasuk rematik. Sayangnya, kandungan ini tidak begitu mudah diserap oleh tubuh.

Untuk bisa diserap dengan maksimal, kunyit membutuhkan peran lada hitam yang mengandung piperin. Piperin yang terkandung pada lada hitam merupakan senyawa aktif yang telah terbukti membantu meringankan mual, sakit kepala, gangguan pencernaan, dan bersifat antiinflamasi.

Perpaduan antara kunyit dan sedikit lada hitam dipercaya bisa menjadi obat rematik alami untuk melawan peradangan, meredakan rasa nyeri pada sendi.

2. Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah yang diyakini memiliki sifat antiradang karena kandungan senyawa gingerol-nya. Herba ini telah populer dimanfaatkan untuk meredakan mual-mual yang dialami ibu hamil di trimester pertamanya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB
X