Waspada Gejala Asam Urat, Redakan dengan Air Lemon

- Jumat, 28 Mei 2021 | 07:18 WIB
Air Lemon.
Air Lemon.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Asam urat menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan pada persendian tubuh. Semua sendi tubuh berisiko terkena asam urat, terutama pada jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Dilansir dari Suara.com, gejala asam urat dapat diketahui dan segera diatasi. Karena itu, Anda yang tidak ingin terserang asam urat sebaiknya mengetahui gejala asam urat berikut ini:

  • Sendi mendadak terasa nyeri dan panas
  • Rasa nyeri menjalar cepat
  • Rasa nyeri dapat disertai dengan pembengkakan dan warna kemerahan pada kulit sendi
  • Saat gejala mereda dan bengkak mengempis, kulit sekitar sendi yang baru saja terkena nyeri akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Meredakan Asam Urat dengan Air Lemon

Sakit asam urat muncul saat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi dan ini dapat menyebabkan kerusakan sendi hingga masalah ginjal.

Kadar asam urat yang tinggi akan membantuk kristal tajam yang terkumpul di jempol kaki dan sendi lainnya. Gejala berupa nyeri dan bengkak.

Berdasarkan Healthline, salah satu 'pengobatan rumahan' yang dapat dicoba untuk mengatasi asam urat adalah air lemon. Sebuah studi 2017 menemukan bahwa air lemon dan ekstrak lemon dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Dalam studi tersebut orang yang menderita asam urat meminum air lemon segar setiap hari selama enam minggu. Setelah waktu tersebut, semua kelompok menunjukkan kadar asam urat yang lebih rendah.

Studi tersebut menyimpulkan air lemon dan ekstrak lemon mungkin menjadi obat yang berguna untuk mengobati asam urat bersama dengan obat-obatan dan perubahan pola makan lainnya.

Air lemon dapat membantu menyeimbangkan kadar asam urat karena membuat tubuh lebih basa. Artinya, sedikit menaikkan tingkat pH darah dan cairan lainnya.

Sedangkan bukti lainnya pada penelitian yang terbit di British Medical Journal menunjukkan minum air lemon dapat membuat tubuh melepaskan lebih banyak kalsium karbonat.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Mengenal Fobia dan Jenis-Jenisnya

Rabu, 8 Desember 2021 | 18:04 WIB

Diabetes Pada Anak dan Berbagai Penyebabnya

Rabu, 8 Desember 2021 | 17:52 WIB

8 Penyebab Darah Rendah, Kenali Cara Mengatasinya

Rabu, 8 Desember 2021 | 17:10 WIB

12 Manfaat Vitamin B Complex untuk Kesehatan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:00 WIB

Cara Memperbesar Penis yang Ampuh, Dijamin Berhasil

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:31 WIB
X