Waspada, Memar di Perut Bisa Jadi Tanda Penyakit Liver

- Kamis, 20 Mei 2021 | 12:09 WIB
Ilustrasi -- memar di perut.
Ilustrasi -- memar di perut.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Memar pada bagian tubuh tertentu kerap dialami oleh sejumlah orang. Memar atau bekas luka ini lebih sering muncul karena terbentur suatu benda tumpul.

Memar terjadi ketika darah terperangkap di bawah kulit, biasanya karena benturan yang merusak pembuluh darah kecil. Beberapa orang menemukan bahwa mereka mudah memar sehingga mereka tidak ingat penyebab aslinya.

Sementara yang lain mengalami memar besar setelah cedera ringan atau menyadari bahwa memar mereka membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sembuh.

Dinukil dari Suara.com (jaringan Ayobandung.com), jika melihat memar yang tidak biasa, itu bisa mengindikasikan hati atau liver dalam masalah dan menuju penyakit hati berlemak. Demikian seperti dilansir dari Express UK.

Ketika hati seseorang menjadi jauh lebih buruk, produksi protein yang membantu pembekuan darah dapat berhenti. Akibatnya, seseorang mungkin mengalami pendarahan yang berlebihan dan menemukan bahwa memar adalah hal yang sering terjadi.

Seseorang juga bisa menjadi sangat gatal, merasa sangat lelah, melihat bengkak di kaki dan melihat semburat kuning di mata dan kulit. Menguningnya bagian putih mata (atau dikenal sebagai penyakit kuning) adalah tanda penyakit hati berlemak yang berkembang.

Penyakit kuning juga mempengaruhi pewarnaan kulit, memberikan semburat kuning. Jaringan parut pada hati juga dapat menyebabkan sakit perut, atau perasaan kenyang, di sisi kanan atas perut.

Seseorang dengan kondisi ini mungkin mengalami mual, kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan. Banyak orang dengan penyakit kuning juga memiliki urin gelap dan tinja berwarna terang, kata MSD Mutual

Situs kesehatan tersebut menambahkan, perubahan ini terjadi ketika penyumbatan atau masalah lain mencegah bilirubin dikeluarkan dalam tinja, menyebabkan lebih banyak bilirubin dibuang dalam urin.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X