Hati-hati, Risiko Usus Buntu Meningkat Lewat 3 Pola Makan Ini!

- Senin, 3 Mei 2021 | 15:53 WIB
[Ilustrasi] makanan pedas.
[Ilustrasi] makanan pedas.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Usus buntu adalah bagian dari tubuh yang memiliki bentuk mirip selang kecil yang menempel di bagian awal usus besar. Penyakit usus buntu terjadi karena terdapat sumbatan pada usus buntu yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini dapat dipengaruhi oleh pola makan dari seseorang.

Melansir dari Halodoc, radang usus buntu harus sesegera mungkin ditangani dengan tepat karena bisa membahayakan nyawa. Berikut ini terdapat beberapa jenis pola makan yang dapat meningkatkan risiko terkena radang usus buntu.

1. Kebiasaan makan pedas

Mengonsumsi makanan pedas dapat memicu terjadinya peradangan pada usus buntu. Pasalnya, biji cabai yang tidak hancur dapat mengakibatkan usus tersumbat dalam jangka waktu yang panjang. Akan tetapi, makanan pedas bukan penyebab utama radang usus buntu. Namun demikian, usahakan untuk tetap memperhatikan konsumsi makanan pedas agar tak mengganggu kesehatan lainnya.

2. Mengonsumsi makanan yang rendah serat

Makanan tinggi serat dapat menjaga kesehatan usus, termasuk usus buntu. Sebaliknya, kebiasaan mengonsumsi makanan yang rendah serat, misalnya makanan cepat saji dapat memicu gangguan pencernaan. Orang yang jarang mengonsumsi makanan berserat memiliki risiko radang usus yang lebih tinggi daripada orang yang mengonsumsi makanan sehat dan berserat. Lebih lanjut, makanan dengan kandungan gula tinggi juga dapat mengakibatkan sembelit dan berisiko menimbulkan infeksi, termasuk infeksi usus buntu.

3. Sering mengonsumsi makanan tinggi garam

Orang yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi juga dapat berisiko terkena radang usus buntu. Jenis makanan tinggi garam dapat mengakibatkan iritasi pada usus. Selain itu, radang usus buntu juga dapat disebabkan oleh karena kebiasaan makan makanan yang tidak diolah secara baik, contohnya makanan yang masih memiliki bentuk kasar.

Makanan yang sulit dicerna oleh tubuh dapat memblokir permukaan rongga yang terdapat di sepanjang usus buntu. Kondisi ini yang menimbulkan adanya pembengkakan dan pembentukan nanah dalam usus buntu.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB

10 Gejala Awal Kanker, Kenali Sebelum Terlambat

Rabu, 12 Januari 2022 | 15:55 WIB
X