Kondisi Mulut Bisa Tunjukan Tanda Gula Darah Tinggi

- Selasa, 20 April 2021 | 19:51 WIB
ilustrasi -- Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap mulut kering dan infeksi jamur seperti sariawan karena kadar glukosa yang tinggi dalam darah dan air liur mereka.
ilustrasi -- Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap mulut kering dan infeksi jamur seperti sariawan karena kadar glukosa yang tinggi dalam darah dan air liur mereka.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sekilas diabetes tipe 2 tampaknya tidak berbahaya karena gejalanya belum tentu membuat merasa tidak enak badan.

Padahal, Anda bisa hidup dengan kondisi kronis tersebut selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Diabetes hanya cenderung menegaskan dirinya sendiri ketika kadar gula darah secara konsisten tinggi dan ketika terjadi mulut kering atau napas berbau buah dapat terjadi.

Dr Ralph Abraham, Konsultan Diabetes, Gangguan Lipid dan Endokrinologi menguraikan beberapa tanda diabetes tipe 2.

Dia berkata, yang paling jelas mungkin adalah mulut kering. Tapi seorang mungkin curiga ada sesuatu yang salah jika sering bangun malam untuk buang air kecil dan merasa haus.

Seperti yang dijelaskannya, rasa haus dan peningkatan buang air kecil akibat diabetes sudah diketahui dan terjadi ketika glukosa darah sangat tinggi.

"Tapi hal pertama di pagi hari, itu adalah mulut dan tenggorokan kering yang harus waspada terhadap diabetes."

Dinukil dari Suara.com (jaringan Ayobandung.com), mulut kering secara klinis dikenal sebagai xerostomia dan terjadi jika ada kekurangan air liur di dalam mulut.

Air liur membantu mengontrol kadar bakteri serta menyeimbangkan dan menghilangkan asam di sekitar gigi dan gusi.

Diabetes.co.uk menjelaskan, bahwa orang dengan diabetes lebih rentan terhadap mulut kering dan infeksi jamur seperti sariawan karena kadar glukosa yang tinggi dalam darah dan air liur mereka."

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X