5 Penyebab Berat Badan tak Pernah Turun Meski Sudah Diet

- Senin, 19 April 2021 | 21:16 WIB
Ilustrasi -- Diet.
Ilustrasi -- Diet.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sudah melakukan diet, namun berat badan tidak turun merupakan sebuah masalah yang perlu dipecahkan.

Berikut adalah alasan mengapa timbangan Anda tidak bergerak saat mengikuti diet atau rencana makan sehat, seperti dilansir di laman Insider.

Diet ini tidak adaptif dengan perubahan tubuh Anda

Jika berat badan Anda sudah turun karena diet, Anda mungkin telah mencapai apa yang disebut "dataran" karena adaptasi metabolik. Itu berarti tubuh Anda yang lebih kecil mungkin membutuhkan jumlah kalori yang berbeda dibandingkan saat Anda pertama kali memulai rencana baru.

"Jika Anda kelebihan berat badan secara medis, Anda bisa menurunkan 20 pon hingga 30 pon (9-13 kilogram) dalam beberapa bulan dengan makan jumlah kalori yang tepat. Itu tidak akan bertahan selamanya," ujar ahli diet berlisensi, Fatimah Fakhoury.

Bagi beberapa orang, olahraga lebih efektif untuk menurunkan berat badan sehingga kebutuhan kalori mereka tetap sama dan mereka tetap akan menurunkan berat badan.

Diet tidak memiliki cukup kalori

Makan terlalu sedikit (katakanlah, 1.000 kalori sehari) dapat mencegah Anda menurunkan berat badan juga. "Ketika tidak makan cukup, tubuh Anda kelaparan dan tidak akan kehilangan berat badan ekstra, karena dia membutuhkan simpanan energi tersebut untuk membuat Anda tetap hidup," kata Fakhoury.

Membatasi asupan secara serius juga bisa membuat Anda terlalu lelah untuk melakukan aktivitas fisik, apalagi membuat Anda tidak bahagia. Rencana tersebut mendorong Anda untuk "menyimpan" semua kalori Anda untuk satu kali makan malam.

Makan semua kalori pada satu kali makan besar dibandingkan sepanjang hari benar-benar memperlambat metabolisme Anda. Hal tersebut juga dapat menghambat penurunan berat badan.

Jika makan terlambat, itu bisa menjadi sangat bermasalah. Pasalnya Anda kemungkinan besar kelaparan dan menginginkan makanan yang banyak dan lezat dibandingkan makanan yang lebih seimbang. Penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan besar pada pagi hari dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Tidak cukup tidur

Tidur adalah aktivitas yang sering diabaikan ketika seseorang ingin menurunkan berat badan. Padahal, tidur adalah salah satu faktor penting.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB
X