Selain Turunkan Berat Badan, Ini 4 Manfaat Minum Teh Cengkeh

- Jumat, 9 April 2021 | 19:58 WIB
[Ilustrasi] minum teh cengkeh.
[Ilustrasi] minum teh cengkeh.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sejak lama, cengkeh telah digunakan dalam banyak pengobatan tradisional. Karena, rempah-rempah ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya bisa membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan penyakit kesehatan lainnya. Anda bisa menambahkannya dalam makanan atau minuman.

Misalnya, Anda bisa menambahkan cengkeh ke dalam minuman teh. Anda cukup membutuhkan 1 gelas air, 4-5 biji cengkeh, 1/2 inci batang kayu manis, 1/2 inci jahe, gula merah dan lemon.

Cara membuatnya, tuangkan air ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Lalu, angkat air dari api dan tambahkan 4-5 biji cengkeh, jahe parut dan batang kayu manis ke dalamnya.

Biarkan semua rempah-rempah tambahan itu terendam selama 15 hingga 20 menit. Saring air dalam cangkir dan tambahkan 1 sendok teh madu serta 1 sendok makan air lemon.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa manfaat minum teh cengkeh secara rutin untuk kesehatan dinukil dari Himedik.com.

1. Menurunkan berat badan

Teh cengkeh ini bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Karena, senyawa yang ada dalam cengkeh dan rempah-rempah yang digunakan dalam teh bisa meningkatkan proses pencernaan Anda.

Pada gilirannya, minuman teh cengkeh ini bisa membantu menurunkan berat badan karena kedua proses itu erat kaitannya dengan lainnya. Rempah-rempah ini juga dikenal bisa meningkatkan laju metabolisme sehingga mempercepat proses pembakaran lemak.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X