Jangan Lupa Cek Gula Darah Sebelum Puasa, Ini Manfaatnya!

- Kamis, 8 April 2021 | 19:03 WIB
[Ilustrasi] Pasien diabetes wajib melakukan pemeriksaan gula darah sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan.
[Ilustrasi] Pasien diabetes wajib melakukan pemeriksaan gula darah sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pasien diabetes wajib melakukan pemeriksaan gula darah sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan. Hal ini dilakukan demi menyiapkan kondisi tubuh yang optimal untuk menjalankan ibadah puasa.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Imelda Maria Loho, Sp.PD meminta masyarakat untuk memprioritaskan pemeriksaan kadar gula dalam darah sebelum puasa.

"Karena bila ada diabetes yang sebelumnya tidak terdeteksi, tentunya harus dilakukan penanganan. Agar jangan sampai ketika bulan ramadan kemudian mengalami komplikasi diabetes," ujar dr. Imelda dalam diskusi Webinar RSPI Pondok Indah dikutip dari Suara.com, Kamis (8/4/2021).

Dokter yang berpraktik RS Pondok Indah-Puri Indah itu mengatakan orang dengan diabetes yang tidak terkontrol, dikhawatirkan gula darahnya saat puasa bisa sangat drop karena tidak mendapatkan asupan makanan.

Gula dalam darah orang diabetes juga bisa sangat melonjak karena makanan tinggi gula, seperti saat buka puasa apabila tidak dikontrol.

Meski begitu, dr. Imelda mengingatkan jika puasa bukanlah tolak ukur kapan seseorang harus melakukan pemeriksaan kesehatan.

Namun menjelang puasa Ramadan bisa jadi momentum yang digunakan untuk periksa kesehatan, bila sudah lama tidak melakukannya.

"Misalnya dalam satu tahun terakhir belum melakukan pemeriksaan kesehatan, maka sebaiknya sebelum bulan ramadhan melakukan pemeriksaan kesehatan," pungkas dr. Imelda.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X