5 Makanan Bergizi yang Sebabkan Bau Mulut

- Rabu, 24 Maret 2021 | 17:51 WIB
Ilustrasi--Wagyu
Ilustrasi--Wagyu

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tak banyak yang menyadari bahwa ada beberapa makanan yang tampak biasa namun sebenarnya juga dapat memicu bau mulut.

"Beberapa makanan paling berutrisi juga dapat berkontribusi terhadap bau mulut," ungkap dokter gigi dari Broadway Cosmetic Dentistry Amrita Patel DDS, seperti dilansir Live Strong, Rabu (24/3).

Amrita mengungkapkan setidaknya ada lima makanan bergizi yang juga dapat memicu bau mulut. Berikut ini adalah kelima makanan tersebut.

1. Daging

Sebagian orang mungkin merasa bahwa aroma napas mereka terasa kurang sedap setelah menyantap steak. Hal ini mungkin saja terjadi karena daging merupakan makanan yang kaya akan protein.

"Bakteri sangat mencintai protein di daging," tutur Amrita.

Bau mulut bisa muncul akibat proses pemecahan protein di daging oleh bakteri. Proses tersebut dapat melepas senyawa amonia yang kemudian menyebabkan bau mulut.

2. Ikan

Konsumsi ikan, misalnya tuna atau salmon, juga dapat memicu timbulnya aroma napas yang tak sedap. Ikan dapat menyebabkan bau mulut karena senyawa bernama trimethylamines. Ketika senyawa ini terikat dengan air, dia bisa bertahan di mulut dan memberikan aroma amis.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X