Keberhasilan Stimulasi Anak Ditentukan Mood Orang Tua

- Rabu, 24 Maret 2021 | 15:02 WIB
Wabah pandemi berdampak pada kesehatan mental mayoritas orang, tidak terkecuali anak-anak. Reaksi anak terhadap keadaan darurat saat ini berbeda-beda, sesuai jenjang umur dan peran orang-orang terdekat mereka.
Wabah pandemi berdampak pada kesehatan mental mayoritas orang, tidak terkecuali anak-anak. Reaksi anak terhadap keadaan darurat saat ini berbeda-beda, sesuai jenjang umur dan peran orang-orang terdekat mereka.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Orang tua senang selalu diasosiasikan dengan anak yang bahagia. Di sinilah peran orang tua harus mampu mengelola stress agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan buah hati.

Saskhya Aulia Prima, Psikolog dari Psikologi Anak dan Remaja mengatakan orang tua perlu bahagia terlebih dulu untuk bisa membahagiakan anak. Kemampuan orang tua megelola stress dengan baik menentukan interaksi dengan anak.

“Jadi stimulasi bisa sampai walaupun dengan alat sederhana,” kata Saskhya dalam acara bersama Baby Happy, beberapa waktu lalu.

Sebagai orang tua, harus mengetahui cara mengelola emosi sehari-hari. Ada baiknya orang tua meluapkan emosi yang lebih netral.

“Cari cara cocok bagi orang tua, baik itu me time supaya recharge, supaya balik lagi situasinya,” kata Co Founder Tiga Generasi itu.

Dia mencontohkan komunikasi terhadap anak di usia yang memberikan tantangan tersendiri. Orang tua, kata dia bisa mencari sarana yang tepat sesuai tahapan usianya.

Dia mengatakan orang tua harus memastikan tangki cinta si anak terpenuhi. Selanjutnya, orang tua bisa menentuka waktu spesial bersama anak, beri perhatian setiap hari dan adil terhadap kakak atau adik agar sampai besar mereka tidak merasa dibandingkan.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB

Cara Mengatasi Susah Kentut, Tak Perlu Ribet!

Rabu, 22 September 2021 | 14:54 WIB

Apa Itu Angina dan Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Rabu, 22 September 2021 | 14:37 WIB

Mengulik Manfaat dan Risiko Tidur Sambil Duduk

Rabu, 22 September 2021 | 13:42 WIB

Cari Tahu Umur Tulang dengan Teknik Ini

Rabu, 22 September 2021 | 11:13 WIB

Waspada, Covid-19 Kian Mudah Menyebar di Udara

Rabu, 22 September 2021 | 08:12 WIB

Mata Kedutan, Normal atau Tanda Penyakit Serius?

Selasa, 21 September 2021 | 13:06 WIB
X