Risiko Serangan Jantung Dapat Diketahui dari Mulut

- Senin, 15 Maret 2021 | 05:46 WIB
Ilustrasi -- Penyakit Jantung.
Ilustrasi -- Penyakit Jantung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mulut dan jantung adalah dua bagian tubuh yang berbeda dan tampak tak berkaitan. Padahal, risiko terkait serangan jantung bisa diketahui melalui mulut.

Hal ini diungkapkan dalam studi terbaru yang dilakukan tim peneliti dari Harvard School of Dental Medicine dan Forsyth Institute. Studi yang dimuat dalam Journal of Periodontology pada 29 Januari 2021 ini menunjukkan bahwa ada satu tanda pada mulut yang dapat mencerminkan bahwa seseorang bisa jadi memiliki risiko tinggi terhadap serangan jantung.

Studi ini menggunakan pemindaian CT dan PET untuk mengukur inflamasi pada arteri dan gusi dari 304 partisipan. Empat tahun setelah itu, peneliti mendapati bahwa 13 partisipan mengalami kejadian kardiovaskular berat seperti serangan jantung.

Berdasarkan beragam data yang berhasil dikumpulkan pada studi ini, tim peneliti menyimpulkan bahwa keberadaan penyakit gusi yang aktif seperti peradangan gusi bisa memprediksi kemungkinan terjadinya serangan jantung di masa mendatang.

"Ini sangat berkaitan dengan orang dengan orang-orang yang saat ini memiliki penyakti inflamasi aktif (pada gusi)," pungkas salah satu peneliti Thomas Van Dyke DDS dari Forsyth Institute, seperti dilansir BestLife, Ahad (14/3).

Menurut peneliti, inflamasi gusi yang aktif kemungkinan memicu inflamasi pada arteri. Inflamasi pada arteri memainkan peran dalam terjadinya serangan jantung menurut American Heart Association (AHA).

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kejadian penyakit gusi merupakan hal yang umum terjadi. Penyakit gusi bernama periodontitis diperkirakan terjadi pada lebih dari 47 persen orang dewasa berusia di atas 30 tahun atau lebih.

Angka tersebut tampak mengalami peningkatan seiring dengan proses penuaan. Diperkirakan ada lebih dari 70 persen orang dewasa di atas usia 65 tahun atau lebih yang memiliki masalah periodontal.

Ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa seseorang mungkin mengalami penyakit gusi. Salah satunya adalah gusi berdarah ketika menyikat gigi. Tanda lainnya adalah gusi kemerahan dan membengkak. Kondisi seperti ini perlu diperiksakan dan diobati oleh dokter gigi.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Positif Covid-19 Setelah Vaksin, Kok Bisa?

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:48 WIB

Apakah Asma Menular? Yuk, Cek Faktanya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:12 WIB

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB
X