8 Cara Efektif Turunkan Kadar Asam Urat dengan Sekejap

- Jumat, 30 April 2021 | 10:41 WIB
ilustrasi nyeri asam urat.
ilustrasi nyeri asam urat.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Penderita asam urat sering kali akan merasakan nyeri dan pembengkakan yang parah pada kaki dan jempol kaki. Hal ini disebabkan karena penyakit asam urat membentuk kristal di persendian. 

Beberapa orang membutuhkan obat untuk mengobati asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu menurunkan risiko.

Memang sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang penyakit ini, namun ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar asam urat.

Medical News Today melansir, berikut adalah delapan cara alami untuk menurunkan kadar asam urat:

1. Batasi makanan yang mengandung purin

Purin adalah senyawa yang ada secara alami di beberapa makanan. Namun saat tubuh melakukan proses metabolisme makanan yang mengandung purin, tubuh akan memproduksi terlalu banyak asam urat. Karena itu, ada baiknya untuk membatasi makanan yang mengandung terlalu banyak mengandung purin.

Makanan dengan kandungan purin tinggi">kandungan purin tinggi antara lain ikan tuna, sarden, dan teri. Lalu juga makanan tinggi lemak, seperti bacon, produk susu, dan daging merah, termasuk daging sapi muda. Dan jeroan hewan, misalnya hati ayam juga mengandung purin yang tinggi. Demikian juga makanan dan camilan yang manis.

2. Konsumsi makanan yang lebih sehat

Dengan beralih dari makanan dengan kandungan purin tinggi">kandungan purin tinggi ke makanan yang lebih sehat dengan kandungan purin lebih rendah, memperbesar kemungkinan seseorang untuk dapat terus menurunkan kadar asam urat mereka. Beberapa makanan sehat dengan kandungan purin rendah yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mengurangi kadar asam urat antara lain susu rendah lemak, kacang-kacangan, buah dan sayur, nasi gandum, roti, dan kentang.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB

Cara Mengatasi Susah Kentut, Tak Perlu Ribet!

Rabu, 22 September 2021 | 14:54 WIB

Apa Itu Angina dan Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Rabu, 22 September 2021 | 14:37 WIB

Mengulik Manfaat dan Risiko Tidur Sambil Duduk

Rabu, 22 September 2021 | 13:42 WIB

Cari Tahu Umur Tulang dengan Teknik Ini

Rabu, 22 September 2021 | 11:13 WIB

Waspada, Covid-19 Kian Mudah Menyebar di Udara

Rabu, 22 September 2021 | 08:12 WIB

Mata Kedutan, Normal atau Tanda Penyakit Serius?

Selasa, 21 September 2021 | 13:06 WIB
X