4 Manfaat Ajaib Teh Oregano bagi Kesehatan

- Sabtu, 13 Maret 2021 | 06:18 WIB
[Ilustrasi] Teh oregano mengandung banyak senyawa aktif yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.
[Ilustrasi] Teh oregano mengandung banyak senyawa aktif yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ada banyak jenis teh herbal dengan manfaatnya masing-masing. Salah satunya adalah teh oregano. Bahan yang kerap digunakan dalam masakan Mediterania dan Italia ini mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, lho. Yuk, simak apa saja manfaat teh oregano bagi kesehatanmu.

Dikutip dari Alodokter.com, oregano merupakan tanaman herbal yang masih masuk ke dalam famili daun mint. Biasanya oregano dimanfaatkan sebagai tambahan untuk mempercantik serta menambah cita rasa dan aroma makanan. Selain itu, oregano juga kerap dihidangkan sebagai teh.

Manfaat Teh Oregano untuk Kesehatan
Teh oregano mengandung banyak senyawa aktif yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, di antaranya adalah asam rosmarinat, hispodulin, dan flavonoid. Berikut adalah beragam manfaat teh oregano yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin:

1. Mencegah infeksi bakteri dan virus
Senyawa yang terkandung dalam teh oregano mampu menghalangi pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan dari bakteri dan virus, seperti infeksi pernapasan.

Itulah berbagai manfaat teh oregano bagi kesehatan yang menjadikannya layak untuk dicoba. Meski begitu, manfaat tersebut masih perlu dikaji lebih lanjut karena belum banyak penelitian yang secara spesifik membahas manfaat teh oregano. Kebanyakan manfaat di atas merupakan khasiat dari tamanan oregano itu sendiri.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular
Senyawa yang terkandung dalam teh oregano diketahui memiliki efek antioksidan, yang menurut penelitian terbukti dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, terutama pada orang dengan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.

Dengan khasiat ini, teh oregano mungkin bisa menjadi pilihan teh untuk mereka yang memiliki faktor risiko untuk mengalami penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung. Namun, perlu diketahui bahwa penelitian yang dilakukan tersebut sudah cukup lama dan belum diperbarui kembali.

3. Meredakan peradangan
Mengonsumsi oregano diketahui dapat mencegah munculnya peradangan di dalam tubuh. Hal ini karena oregano mengandung flavonoid dan asam fenolik yang berperan sebagai antiinflamasi untuk menghambat dan menekan reaksi peradangan.

Jadi, rutin minum teh oregano dapat membantu mengatasi kondisi peradangan tertentu, seperti nyeri otot atau sendi, sakit gigi, iritasi kulit, serta batuk kering.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah, Bunda Harus Tau!

Senin, 20 September 2021 | 17:55 WIB

Kapan Anak Bisa Lepas Pampers ? Kenali Tanda-tanda Ini

Senin, 20 September 2021 | 15:17 WIB

5 Efek Positif Sering Pijat Telinga Setiap Hari

Senin, 20 September 2021 | 13:40 WIB

Virus Epstein-Barr Picu Risiko Long Covid-19, Kok Bisa?

Senin, 20 September 2021 | 12:20 WIB

Perbedaan Sakit Tenggorokan Akibat Flu vs Covid-19

Senin, 20 September 2021 | 07:29 WIB

5 Asupan ini Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Senin, 20 September 2021 | 07:04 WIB

6 Bahan Dapur untuk Turunkan Berat Badan

Sabtu, 18 September 2021 | 15:00 WIB

Mimpi Basah Jarang Terjadi Setelah Menikah

Jumat, 17 September 2021 | 22:10 WIB
X