Obat Hentikan Pendarahan Saat Mimisan

- Selasa, 23 Februari 2021 | 10:13 WIB
Ilustrasi mimisan.
Ilustrasi mimisan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mimisan adalah salah satu jenis perdarahan yang cukup sering dialami, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Meski mimisan jarang menunjukkan masalah medis yang serius, kondisi ini tentu mengganggu dan membuat Anda menjadi tidak nyaman.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab mimisan, mulai dari membuang ingus terlalu kencang, mengorek hidung terlalu dalam, benturan atau cedera pada hidung, flu, udara kering, hingga alergi.

Saat mengalami mimisan, Anda tidak perlu khawatir dan tetaplah tenang. Untuk menghentikan perdarahan dari hidung, lakukan penanganan secara mandiri berikut ini, seperti dilansir dari Alodokter:

Kompres dingin

Kompres pangkal hidung dengan es batu atau sayuran beku yang dibungkus kain. Cara ini cukup efektif untuk menghentikan perdarahan yang terjadi pada hidung.

Ingat, jangan pernah menempelkan es batu atau sayuran beku langsung ke hidung karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Pastikan es batu atau sayuran beku yang digunakan untuk mengompres sudah dibungkus dulu dengan kain atau handuk.

Air garam

Apabila mimisan terjadi akibat udara kering, Anda bisa mengatasinya dengan air garam. Air garam dapat mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga perdarahan akan cepat berhenti.

Selain itu, air garam juga dapat melembapkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X