5 Cara Positif untuk Awali Hari Lebih Baik

- Sabtu, 13 Februari 2021 | 08:06 WIB
Jangan Tunda Alarm saat awali hari
Jangan Tunda Alarm saat awali hari

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Memulai pagi dengan cara baik dapat memberikan perasaan yang positif untuk menjalani beragam aktivitas di hari itu. Kabar baiknya, hal ini dapat diwujudkan dengan cara yang sederhana dan mudah dilakukan.

Setidaknya ada lima langkah yang bisa dilakukan untuk mengawali hari dengan baik. Berikut ini adalah kelima langkah tersebut, seperti dilansir BBC.

Jangan Tunda Alarm
Saat alarm berbunyi di pagi hari, seringkali muncul dorongan kuat untuk menekan tombol snooze atau tunda agar bisa tidur lebih lama. Memperlambat waktu bangun tidur ternyata lebih banyak memberikan dampak negatif dibandingkan positif.

Kembali tidur setelah bangun untuk mematikan alarm akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk memulai siklus tidur dari awal. Padahal tubuh tidak akan tidur dalam waktu lama setelah mematikan alarm. Akibatnya, seseorang akan merasa lelah ketika terbangun dari tidur kemudian.

Tak hanya itu, kondisi ini juga dapat menigkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Peningkatan ini bisa terjadi ketika tubuh harus terbangun berulang kali akibat alarm yang ditunda berulang kali.

Lakukan "Pemindaian" Tubuh
Sesaat setelah bangun tidur, coba untuk kembali menghubungkan tubuh dan pikiran. Dalam posisi masih berbaring di kasur, biarkan kesadaran diri merasakan setiap bagian tubuh dari dalam, mulai dari ujung kepala hingga kaki.

Setelah berfokus pada setiap bagian tubuh, goyangkan secara perlahan seluruh jari-jemari kaki dan tangan. Lanjutkan dengan memutar pergelangan tangan dan kaki. Langkah selanjutnya, miringkan badan ke kiri dan kanan setelah itu bangunkan tubuh ke posisi terduduk dengan kedua kaki memijak lantai.

Minum Segelas Besar Air
Penting untuk mengawali pagi dengan minum air putih. Minum air putih setelah bangun tidur tak hanya membantu merehidrasi tubuh, tetapi juga menghilangkan bau mulut di pagi hari.

Minum air putih setelah bangun tidur juga dapat melatih pikiran mindful. Saat minum, coba rasakan semua sensasi yang muncul. Mulai dari beratnya gelas, dinginnya air, hingga aliran air yang melewati mulut menuju kerongkongan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X