Mengolah Lidah Buaya dan Cengkeh Jadi Hand Sanitizer Alami

- Senin, 1 Februari 2021 | 06:05 WIB
Bandung zona merah, mari ketahui, mana yang lebih efektif dari hand sanitizer gel atau spray?
Bandung zona merah, mari ketahui, mana yang lebih efektif dari hand sanitizer gel atau spray?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat di pelosok negeri dilanda kepanikan. Mereka rela melakukan bahkan memborong apapun yang dianggap bisa mencegah paparan virus tersebut.

Salah satu barang yang menjadi sasaran masyarakat saat itu adalah hand sanitizer, yang dianggap mampu membunuh bakteri dan virus. Masyarakat pun berbondong-bondong membeli hand sanitizer di apotik-apotik maupun pusat perbelanjaan. Akibatnya, hand sanitizer sempat mengalami kelangkaan.

Kondisi itu menimbulkan keprihatinan pada Diana Susanti, seorang guru Kimia di SMAN 1 Sindang Indramayu. Dengan pengetahuan tentang ilmu Kimia yang dimilikinya, dia pun tergerak membuat sendiri hand sanitizer dengan bahan yang mudah diperoleh di lingkungan.

Pilihan Diana jatuh pada tanaman lidah buaya. Sebab, tanaman tersebut mudah ditemukan di tengah masyarakat. Tanaman itupun banyak tumbuh di kebun sekolah SMAN 1 Sindang.

"Saya lebih memilih lidah buaya daripada daun sirih karena lidah buaya cenderung lebih mudah ditemukan. Banyak masyarakat yang menanam lidah buaya," kata Diana, Ahad (31/1).

Diana menjelaskan, untuk membuat hand sanitizer alamiah itu, lidah buaya yang telah dipotong dari pangkal tanamannya dikupas kulitnya dan diambil dagingnya. Dia menggunakan dua batang lidah buaya yang berukuran cukup besar atau jika ditimbang berbobot sekitar 50 gram.

Daging lidah buaya yang telah dikupas kulitnya itu kemudian dihaluskan. Lebih baik lagi jika diblender.

Setelah itu, rebus sepuluh bungkus cengkeh, yang dijual di warung dengan harga Rp 1.000 per bungkus. Cengkeh itu direbus dengan air sebanyak 500 mililiter (ml).

"Rebus air cengkehnya tidak perlu sampai mendidih. Cukup sampai panas saja," kata  perempuan kelahiran 17 Oktober 1984 tersebut.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X