Sakit Perut Sisi Kanan? Waspadai Alami 5 Penyakit Ini

- Kamis, 7 Januari 2021 | 14:23 WIB
Jika pernah mengalami nyeri atau sakit perut sisi kanan, waspadai sejumlah penyakit yang mungkin Anda alami.
Jika pernah mengalami nyeri atau sakit perut sisi kanan, waspadai sejumlah penyakit yang mungkin Anda alami.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika pernah mengalami nyeri atau sakit perut sisi kanan, waspadai sejumlah penyakit yang mungkin Anda alami.

Menurut Mia Finkelston , MD, seorang dokter keluarga di Leonardtown, menyatakan, nyeri perut sebelah kanan ini tak seharusnya diabaikan. Orang harus memperhatikan lamanya rasa sakit, waktu mulai, hingga frekuensi rasa nyeri di perut sebelah kanan terjadi.

Dilansir dari The Healthy, sakit perut sebelah kanan mungkin menjadi tanda 5 penyakit di bawah ini

1. Kelebihan gas

Rasa nyeri di perut sebelah kanan bagian atas pusar bisa jadi tanda tubuh kelebihan gas. Dalam hal ini, biasanya orang kebanyakan mengonsumsi makanan penyebab gas seperti sayuran silangan (brokoli, kubis Brussel, kembang kol) atau kacang-kacangan. Karena itu, mengurangi makanan penyebab gas bisa mengurangi nyeri perut di bagian kanan.

2. Gangguan pencernaan

Ketika Anda mengalami gangguan pencernaan, perut bagian atas akan terasa seperti terbakar lalu menyebabkan nyeri perut di bagian kanan. Sebenarnya gangguan pencernaan ini tidak serius dan bisa terjadi jika makan terlalu cepat, minum alkohol, kopi atau konsumsi makanan turunan asam seperti tomat.

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), orang bisa mengalami gangguan pencernaan setelah konsumsi makanan Italia terlalu banyak. Biasanya gejala akan menghilang sendiri, tapi Anda perlu mengunjungi dokter jika gejala tidak hilang selama 2 minggu.

3. Hernia

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X