Penderita Diabetes Haram Makan Jeruk? Ini Faktanya

- Selasa, 5 Januari 2021 | 06:02 WIB
Jeruk, salah satu buah yang bisa mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Jeruk, salah satu buah yang bisa mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bolehkah penderita diabetes makan jeruk?

Menurut penelitian, buah jeruk mengandung banyak antioksidan dan fitokimia yang kuat seperti karotenoid, flavonoid, folat, dan vitamin C. Kandungan ini membantu mencegah banyak penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung terkait.

Konsumsi jeruk sendiri juga dapat membantu mencegah risiko diabetes atau membantu menangani komplikasi diabetes dalam jangka panjang.

Dilansir dari Boldsky, diabetes adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Sebuah laporan dari International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan bahwa sekitar 371 juta orang terkena penyakit kronis ini dan jumlahnya mungkin meningkat menjadi sekitar 552 juta pada tahun 2030.

Diabetes menimbulkan risiko besar bagi kualitas hidup dan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular dan obesitas.

Cara utama untuk mengurangi risiko diabetes dan penyakit terkait adalah dengan mengontrol hipoglikemia. Para ahli menyarankan bahwa konsumsi buah dan sayuran kaya fitokimia tinggi dapat membantu menunda lonjakan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga mencegah risiko diabetes.

Karena jeruk kaya akan fitokimia, jeruk dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes dalam menurunkan glukosa darah.

Meski jeruk baik untuk mengontrol glukosa darah, meminum jus jeruk pada waktu yang berbeda dalam sehari dapat memengaruhi tingkat energi dan insulin serta meningkatkan kadar glukosa.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ketika jus jeruk diminum bersamaan dengan sarapan, makan siang dan makan malam, itu cenderung berdampak positif pada tingkat energi dan insulin.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X