Penyebab dan Jenis Selingkuh menurut dr Boyke, Kenali Ciri-cirinya

- Jumat, 1 Januari 2021 | 19:57 WIB
[Ilustrasi] Pakar seksologi dr Boyke Dian Nugraha SpOG mengungkapkan ada beberapa penyebab wanita dan pria selingkuh.
[Ilustrasi] Pakar seksologi dr Boyke Dian Nugraha SpOG mengungkapkan ada beberapa penyebab wanita dan pria selingkuh.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pakar seksologi dr Boyke Dian Nugraha SpOG mengungkapkan ada beberapa penyebab wanita dan pria selingkuh.

Perempuan, kata dr Boyke, akan selingkuh ketika tak ada lagi perhatian yang utuh dari pasangan. Sementara itu, pria biasanya selingkuh karena bertemu wanita yang penampilannya lebih menarik dibandingkan pasangan sah mereka. Pria secara biologis lebih tertarik kepada visual.

"Melihat pasangan yang menarik memberikan dia keinginan untuk berselingkuh," ujarnya.

Selain itu, Boyke mengungkapkan, ada juga pria yang berselingkuh semata-mata karena tidak mendapatkan kepuasan biologis dari pasangannya. Dia lantas mengutip survei dalam buku The Normal Bar oleh Chrisianna Northup, dkk yang mengungkap penyebab lain wanita dan pria berselingkuh.

Survei itu menyebut perselingkuhan tercetus dari kurangnya emosi, hilangnya geliat romansa, serta kehidupan seks yang membosankan. Sebanyak 70 persen pria dan 49 persen wanita memutuskan berselingkuh karena faktor tersebut.

Sementara itu, The Janus Report on Sexual Behavior mencatat sebanyak 35 persen pria (satu dari tiga) mengaku pernah berselingkuh dari kekasihnya, sementara wanita selingkuh hanya 26 persen (satu dari empat). Data lain dari penelitian di Universitas Padjajaran menyebutkan bahwa dua di antara lima wanita karier berselingkuh dan dua di antara tiga pria berselingkuh.

Boyke menjelaskan, perselingkuhan terbagi menjadi dua jenis, yaitu perselingkuhan kering dan basah. Perselingkuhan kering dimulai dari saling berkirim pesan, makan bersama, pulang bersama, bahkan sampai ada panggilan khusus, seperti sayang atau cinta, kepada orang yang bukan suami atau istrinya.

"Apalagi zaman sekarang, panggilan 'beb, cinta, say' di antara teman-teman itu dinilai hal biasa. Temannya sudah akrab, kerja satu kantor. Itu disebut perselingkuhan kering," katanya.

Boyke mengatakan, mereka yang sudah menikah terkadang mudah curhat dengan teman yang sering menyapanya dengan panggilan sayang. Ketika curhat masalah rumah tangga dengan lawan jenis, mereka pun rentan terjerumus dalam perselingkuhan.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Positif Covid-19 Setelah Vaksin, Kok Bisa?

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:48 WIB

Apakah Asma Menular? Yuk, Cek Faktanya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:12 WIB

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB
X