8 Manfaat Daun Jambu biji, Turunkan Kolesterol hingga Kontrol Diabetes

- Jumat, 26 Februari 2021 | 20:59 WIB
[Ilustrasi] 
 Selain mengobati penyakit, daun jambu biji dapat menurunkan kolesterol hingga mencegah diabetes.
[Ilustrasi] Selain mengobati penyakit, daun jambu biji dapat menurunkan kolesterol hingga mencegah diabetes.

BANDUNG, AYOBANDUN.COM -- Daun jambu biji kaya manfaat kesehatan. Daun jambu biji dapat mengobati banyak penyakit karena mengandung antioksidan dan tannin.

Selain mengobati penyakit, daun jambu biji dapat menurunkan kolesterol hingga mencegah diabetes.

Daun jambu biji mengandung antiinfeksi dan antibakteri. Ketika daun jambu biji diolah menjadi teh akan mengandung vitamin C dan flavonoid seperti quercetin yang penting bagi kesehatan tubuh. Obat alami ini dipercaya dapat meredakan nyeri.

Berikut berbagai manfaat daun jambu biji untuk kesehatan: 

1. Mengobati diare 
Jika sedang diare, minumlah seduhan teh dari daun jambu biji atau kapsul ekstrak daun jambu biji. Menurut berbagai penelitian, daun jambu biji memiliki sifat anti diare. 

2. Melawan obesitas
Daun jambu biji dapat menurunkan berat badan karena dapat menghentikan produksi gula yang disebabkan tepung yang dikonsumsi tubuh. Berat badan yang meningkat disebabkan gula bermetabolisme lewat hati dan berubah menjadi lemak yang kemudian diam-diam masuk ke dalam darah. 

3. Menurunkan kolesterol
Menurut sebuah studi yang diterbitkan jurnal nutrisi dan metabolisme, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin dalam jangka waktu berbulan-bulan maka dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Bahan alami ini tidak menyebabkan efek samping dan aman.

4. Mencegah Kanker 
Daun jambu biji memiliki zat likopen yang dapat melawan kanker payudara, prostat, dan kanker mulut. Daun tersebut dapat menghentikan produksi androgen yang dimiliki pria, hormon ini bekerja pada pertumbuhan sel kanker prostat. 

Khasiat lain adalah mengobati kanker lambung karena mengandung quercetin, likopen dan vitamin C yang memiliki sifat antikanker dan antitumor dan dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh. 

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X