Ini Hewan-hewan Paling Rentan Tertular Covid-19

- Minggu, 27 Desember 2020 | 12:48 WIB
Ilustrasi anjing sebaga hewan peliharaan.
Ilustrasi anjing sebaga hewan peliharaan.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selain manusia, Covid-19 juga telah menginfeksi beberapa hewan, seperti kucing, musang, anjing, macan, singa, dan lain sebagainya. Dalam hal ini studi baru menganalisis beberapa hewan yang paling memungkinkan tertular Covid-19.

Melansir dari Medicinenet, carpelai, musang, kucing, anjing adalah hewan yang paling rentan terhadap infeksi Covid-19. Sementara bebek, tikus, babi, dan ayam kurang atau tidak rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19.

"Mengetahui hewan mana yang rentan terhadap SARS-CoV-2 membantu mencegah penumpukan hewan positif Covid-19," kata penulis senior studi tersebut, Luis Serrano direktur Center for Genomic Regulation di Barcelona, Spanyol, dilansir oleh Suara.com.

Meskipun ada potensi kerentanan infeksi pada kucing, mereka tidak hidup berdampingan dengan manusia dalam kondisi yang sama dengan hewan lain.

"Ini yang mungkin menjelaskan mengapa sejauh ini tidak ada kasus orang yang terinfeksi oleh hewan peliharaan mereka," Serrano mengatakan dalam rilis berita pusat.

Studi ini dipublikasikan secara online baru-baru ini di jurnal PLOS Computational Biology.

Untuk studi mereka, para peneliti menggunakan pemodelan komputer untuk menilai bagaimana virus corona baru menggunakan protein lonjakan di permukaannya untuk menyerang sel-sel hewan yang berbeda.

Titik masuk utama pada permukaan sel adalah reseptor ACE2 yang berikatan dengan protein lonjakan. Seperti halnya manusia, hewan juga memiliki berbagai varian ACE2.

Varian reseptor ACE2 pada manusia, diikuti musang, carpelai, kucing, dan, anjing sehingga tak heran mereka juga rentan tertular.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X