7 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Otak

- Minggu, 13 Desember 2020 | 06:12 WIB
Ilustrasi otak
Ilustrasi otak

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Susah konsentrasi, mudah lupa, atau lambat memahami hal-hal tertentu? Jangan buru-buru menyalahkan faktor usia. Mungkin kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang berisiko mengganggu kesehatan otak.

Otak adalah organ yang memiliki fungsi sangat penting dan merupakan organ paling canggih di dalam tubuh. Agar dapat bekerja dengan baik, organ ini butuh asupan nutrisi berkualitas, seperti vitamin, mineral, glukosa, dan antioksidan, serta aliran darah yang lancar.

Kesehatan otak bisa terganggu apabila seseorang memiliki kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti sering mengonsumsi makanan tidak sehat dan stres berlebihan.

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari ternyata dapat mengganggu kesehatan otak, lho. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan negatif yang dapat berdampak kurang baik pada otak:

1. Sering begadang atau kurang tidur

Kamu suka begadang? Mulai sekarang, hindarilah kebiasaan buruk ini. Kebiasaan kurang tidur berisiko mengganggu kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir, hingga meningkatkan risiko terjadinya demensia, termasuk penyakit Alzheimer.

Membiasakan cukup tidur secara rutin dapat membantu otak menjadi lebih sehat. Untuk itu, kurangilah konsumsi kafein dan penggunaan alat elektronik menjelang jam tidur.

2. Sering mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat

Asupan makanan yang dikonsumsi juga akan berpengaruh pada kesehatan otak. Menurut penelitian, kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat dapat mengganggu bagian otak yang berhubungan dengan pemahaman, ingatan, dan kesehatan mental.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X