Kenali Perbedaan Sakit Tenggorokan Akibat Covid-19 dan Flu Biasa

- Kamis, 10 Desember 2020 | 07:42 WIB
Sakit tenggorokan kini menjadi salah satu gejala virus corona Covid-19. Namun, apa perbedaan sakit tenggorokan akibat Covid-19 dan flu biasa?
Sakit tenggorokan kini menjadi salah satu gejala virus corona Covid-19. Namun, apa perbedaan sakit tenggorokan akibat Covid-19 dan flu biasa?

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sakit tenggorokan kini menjadi salah satu gejala virus corona Covid-19. Namun, apa perbedaan sakit tenggorokan akibat Covid-19 dan flu biasa?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sakit tenggorokan adalah gejala yang bisa dirasakan pasien Covid-19 selain demam dan batuk. Namun, Anda belum berarti terinfeksi virus corona Covid-19 bila mengalami sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan bisa jadi akibat dari berbagai kondisi medis. Kondisi ini dilansir dari Times of India, biasanya menyebabkan rasa sakit, kering atau gatal di tenggorokan akibat infeksi atau faktor lingkungan.

Sakit tenggorokan bisa dibagi menjadi 3 bagian dan bisa dibedakan berdasarkan bagian tenggorokan yang terkena. Sementara faringitis mempengaruhi area tepat di belakang mulut, tonsilitis adalah pembengkakan dan kemerahan pada amandel.

Jenis ketiga adalah laringitis, yaitu pembengkakan yang terjadi di kotak suara. Selain gejala umum flu biasanya, CDC juga telah menyatakan sakit tenggorokan sebagai gejala umum virus corona Covid-19.

Tapi, sakit tenggorokan adalah gejala yang kurang umum dan bisa berbeda-beda pada setiap orang. Sementara itu, virus corona baru adalah penyakit pernapasan, sehingga virus dengan mudah masuk ke hidung dan tenggorokan.

Perbedaan sakit tenggorokan akibat virus corona Covid-19 dan kondisi medis lain

Sakit tenggorokan pada pasien Covid-19 terjadi ketika virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan pembengkakan.

Rasa sakit dan pegal yang dirasakan oleh orang terinfeksi disebut faringitis. Pada kasus flu biasa, sakit tenggorokan dipicu dengan cara yang sama.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X