6 Tips Aman Pesan Makanan Lewat Ojol, Cuci Tangan yang Utama 

- Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:22 WIB
Ilustrasi makanan siap saji.
Ilustrasi makanan siap saji.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Selama pandemi Covid-19, banyak orang lebih suka memesan makanan dari restoran melalui layanan pesan antar karena lebih praktis.

Namun, Anda perlu berhati-hati. Agar tetap aman dari paparan virus Corona, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sewaktu membeli makanan menggunakan jasa kurir.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan di permukaan benda tertentu selama beberapa waktu. Di permukaan tembaga, virus ini mampu bertahan selama 4 jam, sedangkan di permukaan benda yang terbuat dari kardus, virus Corona dapat bertahan selama 24 jam.

Virus penyebab Covid-19 ini bahkan bisa bertahan hingga 72 jam di permukaan plastik dan stainless steel. Hal ini berarti seseorang bisa saja terinfeksi saat menyentuh benda yang telah terkontaminasi, lalu menyentuh area wajah tanpa mencuci tangan.

Meski demikian, risiko penularan infeksi virus Corona melalui cara ini terbilang lebih kecil. Hingga saat ini, cara penularan virus Corona yang paling banyak terjadi adalah melalui kontak langsung dengan percikan dahak saat penderita Covid-19 bersin atau batuk.

Selama Anda melakukan langkah pencegahan virus Corona dan selalu menjaga kebersihan, Anda tidak perlu takut menyentuh benda-benda yang terbuat dari plastik, kardus, atau tembaga, termasuk kemasan makanan yang dipesan.

Selain itu, belum ada bukti bahwa virus Corona bisa menular melalui makanan. Menurut keterangan yang dirilis oleh WHO, virus Corona tidak dapat berkembang biak dalam makanan. Untuk dapat bertahan hidup, virus ini membutuhkan inang, yaitu sel hidup manusia atau binatang.

Meski risiko penularan virus Corona melalui makanan sangat kecil, Anda tetap disarankan untuk memasak sendiri makanan di rumah karena lebih sehat. Hal ini juga penting dilakukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Jika ingin memesan makanan dari luar, terapkanlah langkah-langkah berikut untuk meminimalkan risiko terinfeksi virus Corona:
1. Bayarlah tanpa uang tunai (cashless)

Usahakan tidak membayar makanan dengan uang tunai atau kartu debit maupun kredit saat Anda memesan makanan melalui layanan pesan antar. Anda bisa melakukan metode pembayaran dengan dompet digital yang tersedia di aplikasi atau transfer uang secara online ke nomor rekening yang telah ditentukan oleh penjual.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X