5 Hal Sepele Penyebab Munculnya ‘Mata Panda’, Termasuk Kurang Minum

- Senin, 12 Oktober 2020 | 05:38 WIB
[Ilustrasi] Setidaknya ada 5 hal sepele yang menyebabkan munculnya mata panda. Kurang tidur dan kurang minum adalah di antaranya.
[Ilustrasi] Setidaknya ada 5 hal sepele yang menyebabkan munculnya mata panda. Kurang tidur dan kurang minum adalah di antaranya.

Setidaknya ada 5 hal sepele yang menyebabkan munculnya mata panda. Kurang tidur dan kurang minum adalah di antaranya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Apa penyebab munculnya ‘mata panda’? Penyebab lingkaran hitam di bawah mata bisa dari dalam maupun luar tubuh, salah satunya jarang minum.

Kulit di bawah mata sendiri tidak memiliki kelenjar minyak dan termasuk area paling halus sehingga sangat mudah memicu lingkaran hitam di bawah mata. Beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya, termasuk keturunan, penuaan, stres mental atau fisik, perubahan hormonal, kekurangan nutrisi dan kurang tidur.

Terlalu banyak paparan sinar matahari pun dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit yang juga merupakan penyebab lingkaran hitam.

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan kehilangan lemak dan kolagen. Hal ini membuat pembuluh darah biru kemerahan di bawah mata terlihat lebih jelas.

Selain faktor-faktor di atas, gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan kulit tertentu juga dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata.

Dilansir The Health Site, berikut beberapa di antaranya.

1. Tidak cukup tidur

Tidur nyenyak penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk mata dan kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan menyebabkan munculnya lingkaran hitam.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X