Sakit Tenggorokan Bisa Jadi Gejala Covid-19

- Rabu, 7 Oktober 2020 | 06:38 WIB
Ilustrasi sakit atau radang tenggorokan, cegukan.
Ilustrasi sakit atau radang tenggorokan, cegukan.

AYOBANDUNG.COM -- Gejala Covid-19 terlalu mirip dengan pilek atau flu, mulai dari demam hingga batuk gatal dan nyeri tubuh. Namun, para ahli telah berkali-kali mengatakan bahwa gejala paling awal yang dialami seseorang dapat mengingatkan mereka tentang infeksi aktif, termasuk sakit tenggorokan.

Tenggorokan yang gatal dan seperti berduri, yang juga terasa seperti mengalami pembengkakan, dapat menjadi indikator sakit tenggorokan.

Ini juga salah satu gejala yang paling sering dialami dalam infeksi Covid-19, terlihat di lebih dari 52 persen kasus di seluruh dunia. Demikian seperti dilansir dari Times of India.

Namun, sakit tenggorokan saja bukanlah tanda positif virus corona. Sulit untuk menentukan apakah gejala Anda disebabkan oleh COVID saja.

Sakit tenggorokan bisa timbul karena banyak faktor: perubahan cuaca, infeksi bakteri tonsilitis. Oleh karena itu, mengalami tenggorokan gatal bisa menjadi hal yang umum, tetapi bukan gejala yang paling umum.

Sama seperti setiap batuk atau demam yang bukan merupakan tanda Covid-19, sakit tenggorokan juga tidak terlalu mengkhawatirkan.

Berikut adalah bagaimana seseorang benar-benar dapat memadamkan ketakutan mereka dan membedakan sakit tenggorokan dari gejala COVID:

Menurut dokter, tidak ada perbedaan nyata antara sakit tenggorokan COVID dan non-COVID. Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor eksternal sebelum memeriksa kesehatan Anda.

Sakit tenggorokan bisa terasa seperti tenggorokan Anda benar-benar sakit, atau teriritasi. Beberapa bahkan mengalami sensasi terbakar atau gatal ringan, yang bisa bertambah parah saat menelan makanan atau air.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X