Mengenal Daun Sirih, Jenis hingga Efek Sampingnya

- Selasa, 6 Oktober 2020 | 12:38 WIB
Daun Sirih.
Daun Sirih.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tanaman sirih dikenal memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Tanaman ini masuk ke dalam famili  Piperaceae.

Namun, tahukah Anda jika sirih ternyata memiliki beragam jenis. Berikut ulasannya, disarikan dari buku 'Bahan Pangan Potensial untuk Anti Virus dan Imun Booster' yang diterbitkan Kementerian Pertanian.

1. Sirih hijau dimanfaatkan masyarakat sebagai obat antiseptik, antiperadangan dan antianalgenik yang dapat membantu penyembuhan luka.

2. Sirih gading, sering disebut dengan sirih Kun, memiliki warna daun hijau kekuning-kuningan.

3. Sirih wulung atau sirih keraton yang terbilang langka dan memiliki keunikan karena daunnya berwarna ungu apabila terkena sinar matahari.

4. Sirih hitam adalah jenis sirih yang langka dan tidak semua tempat di Indonesia bisa ditumbuhi jenis ini. Ciri khasnya yaitu warna hitam pada daunnya yang tidak pudar meski telah melalui pengeringan.

5. Sirih merah dengan warna yang eksotis, memiliki manfaat sebagai anti kanker, desinfektan dan anti jamur sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik untuk bau mulut.

6. Sirih Irian memiliki keunikan, yaitu daun berbentuk hati dengan diameter 10 cm, biasa disebut dengan sirih lalapan sebab daunnya sering dijadikan lalapan. 

7. Sirih bulu, daun sirih dengan bulu-bulu halus pada daun dan batangnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X