Manfaat Catur, Latih Otak hingga Cegah Demensia

- Selasa, 15 September 2020 | 11:18 WIB
ilustrasi catur.
ilustrasi catur.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak yang menggemari catur karena permainannya menantang orang untuk berpikir keras. Namun di balik itu, catur memiliki manfaat bagi kesehatan, khususnya mentalitas.

Mendorong Pertumbuhan Otak
Melansir dari Health Fitness Revolution, catur bisa menantang otak dan merangsang pertumbuhan dendrit yang mengirimkan sinyal dari sel neuron otak. Dengan lebih banyak dendrit, komunikasi saraf di dalam otak meningkat dan menjadi lebih cepat.

Melatih Kedua Sisi Otak
Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa ketika pemain catur diminta untuk mengidentifikasi posisi catur dan bentuk geometris, kedua belahan otak kiri dan kanan menjadi sangat aktif.

Tingkatkan IQ
Satu studi ilmiah menunjukkan bahwa bermain permainan, salah satunya catur bisa meningkatkan IQ seseorang. Sebuah penelitian terhadap 4.000 siswa Venezuela menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam skor IQ pada anak laki-laki dan perempuan setelah empat bulan belajar catur.

Membantu Mencegah Demensia
Seiring bertambahnya usia, pelatihan otak menjadi semakin penting. Sebuah studi yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam permainan otak seperti catur lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia.

Mengoptimalkan Daya Ingat
Sebuah penelitian terhadap siswa kelas enam di Pennsylvania, Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak yang belum pernah bermain catur mengalami peningkatan daya ingat dan keterampilan verbal setelah berlatih catur.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

X