8 Fakta Menarik tentang Gigi yang Jarang Diketahui

- Jumat, 28 Agustus 2020 | 10:56 WIB
Terdapat delapan fakta menarik tentang gigi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya
Terdapat delapan fakta menarik tentang gigi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tahukah berapa banyak gigi yang akan Anda miliki seumur hidup? Hewan mana yang paling mirip dengan gigi Anda? Dan tahukah Anda apa bahan sikat gigi pertama?

Dalam BBC Radio 4's In Our Time, terdapat beberapa fakta menarik tentang gigi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Berikut ulasannya.

Gigi kemungkinan berevolusi dari lidah

Melihat ke setengah miliar tahun yang lalu, nenek moyang hiu dan manusia sama sekali tidak memiliki gigi di mulut mereka, atau bahkan rahang. Mereka adalah ikan lapis baja penghisap makanan.

Bagaimana vertebrata mengembangkan gigi masih belum ditentukan, tetapi teori mengatakan bahwa sisik seperti gigi mereka mulai muncul di mulut mereka sebagai gigi, atau beberapa lidah mereka yang berubah menjadi lebih keras.

Gigi berkembang di dalam rahim

Gigi mulai tumbuh bahkan sebelum manusia lahir, meskipun gigi tersebut baru akan tumbuh sampai manusia berusia antara 6 dan 12 bulan.

Kebanyakan anak memiliki 20 set lengkap gigi susu saat mereka berusia 3 tahun. Kemudian, pada usia 5 atau 6 tahun, gigi ini mulai rontok untuk membuka jalan bagi gigi dewasa.

Anda memiliki sekitar lima puluh gigi sepanjang hidup

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X