Ini Dia 7 Manfaat Daun Sirih terhadap Kesehatan

- Kamis, 23 Juli 2020 | 05:56 WIB
Daun Sirih.
Daun Sirih.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Daun sirih adalah tanaman yang tak asing di Indonesia. Kita bisa menemukan daun sirih di mana pun. Tanaman ini juga memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan.

Daun sirih telah menjadi bagian dari budaya masyarakat India sejak lama. Pada abad ke-13, Marco Polo pernah menuliskan tentang kebiasaan mengunyah daun sirih di kalangan raja dan bangsawan India. Orang India terbiasa mengunyah daun sirih untuk mendapatkan manfaatnya. Biasanya, daun sirih dimakan bersama dengan kacang areca atau direndam jeruk nipis.

Berikut adalah khasiat yang bisa dirasakan bila mengonsumsi daun sirih.

  1. Daun sirih kaya akan vitamin seperti vitamin C, thiamine, niacin, riboflavin, dan karoten. Daun sirih juga mengandung banyak kalsium.
  2. Antimikroba dan antidiabetes.
  3. Tercatat manfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskular, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.
  4. Daun sirih mengandung senyawa antiinflamasi seperti phytochemical sehingga bisa digunakan untuk mengobati peradangan dan luka.
  5. Dalam pengobatan tradisional India juga digunakan sebagai obat gangguan rongga mulut dan gangguan pencernaan.
  6. Bisa digunakan sebagai alternatif terapi Acne Vulgaris (jerawat). Daun sirih memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Propionibacterium acne yang menjadi penyebab munculnya jerawat.
  7. Penelitian pada hewan membuktikan daun sirih dapat mengurangi tingkat pertumbuhan tumor. Namun, pada manusia masih belum ada bukti yang cukup akan efeknya terhadap manusia.

Sejauh ini daun sirih masih aman untuk dikonsumsi dan tidak terlihat menimbulkan efek samping tertentu. Untuk luka di luar, Anda bisa mencuci dan menumbuk daun sirih hingga halus. Setelah itu, tempelkan pada luka maka akan membantu meringankan peradangan pada lukanya. (Putri Shaina)

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X