Ilmuwan Temukan Cara Menunda Penuaan dengan Ragi

- Rabu, 22 Juli 2020 | 14:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang melakukan berbagai hal untuk menunda penuaan. Para ilmuwan di University of California San Diego (UCSD)  selangkah lebih dekat untuk bisa menunda proses penuaan.

Tim ilmuwan mempelajari penuaan dalam ragi untuk mencoba memahami apakah sel-sel yang berbeda menua pada tingkat yang sama. Ragi dipilih karena sel-selnya mudah dimanipulasi.

Apa yang mereka temukan menarik.  Menurut para peneliti, bahkan sel-sel yang terbuat dari bahan genetik yang sama dan dalam lingkungan yang sama menua dalam cara yang sangat berbeda. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Science.

Dilansir di CNN, Rabu (22/7), sekitar setengah dari sel-sel ragi menua karena penurunan bertahap dalam nukleolus, tubuh bulat yang terletak di nukleus sel, dengan menggunakan teknik termasuk mikrofluida dan pemodelan komputer.

Namun, setengah lainnya menua karena disfungsi mitokondria, yang menghasilkan energi sel.

Para ilmuwan mengatakan bahwa sel-sel menurun satu dari dua jalur (nukleus atau mitokondria) di awal kehidupan. Mereka melanjutkan proses penuaan sampai akhirnya melemah dan mati. Peneliti melakukan tes lebih lanjut untuk memahami bagaimana sel berperilaku.

"Kami mengidentifikasi proses molekuler yang mendasari setiap rute penuaan dan koneksi di antara mereka, mengungkapkan sirkuit molekul yang mengontrol penuaan sel, analog dengan sirkuit listrik yang mengontrol peralatan rumah," kata Nan Hao, penulis senior dari studi ini dan profesor di divisi bagian biologi molekuler ilmu biologi UCSD.

Setelah memodelkan 'lanskap penuaan', tim peneliti menemukan bahwa mereka dapat memanipulasi dan mengoptimalkan proses penuaan. Ini dilakukan dengan menggunakan simulasi komputer untuk memprogram ulang sirkuit master dan memodifikasi DNA-nya.

Mereka kemudian dapat menciptakan 'rute penuaan baru' dengan umur yang panjang secara dramatis. Peneliti percaya ini pada akhirnya bisa mengarah pada kemungkinan menunda penuaan manusia.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB
X