Simpan Bawang Putih di Pergelangan Tangan Bisa Obati Sakit Gigi?

- Kamis, 30 April 2020 | 13:58 WIB
Menaruh bawang putih di pergelangan tangan bisa redakan sakit gigi ternyata hanya hoaks. (Istimewa)
Menaruh bawang putih di pergelangan tangan bisa redakan sakit gigi ternyata hanya hoaks. (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah orang mungkin memiliki kepercayaan bahwa menaruh bawang putih di pergelangan tangan bisa membantu meredakan sakit gigi. Namun, apakah cara tradisional itu benar-benar mengatasi sakit gigi?

Dokter Jiemi Ardian melalui akun Twitter pribadinya pun membagikan informasi tersebut kepada publik. Dia mengunggah foto seseorang sedang sakit gigi dan merekatkan bawang putih di pergelangan tangan.

Dia mengatakan bahwa meletakkan bawang putih di pergelangan tangan dapat menyembuhkan sakit gigi adalah hoaks. Pada kondisi apapun, pasien harus tetap berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli di bidangnya.

"Hoax medis adalah hoax tersering kedua yang saya dengar, setelah hoax politik (karna pemilu sudah usai, mungkin akan kembali jadi yang pertama) Pakde Bude, kalo sakit gigi ya ke dokter gigi kaya @safirawwww.. Bukan make bawang putih ke tangan. Ini bukan mau ngusir Vampir kan?" tulisnya di Twitter.

AYO BACA : Gigit Kucing, Pria Ini Dilarang Pelihara Hewan Seumur Hidup

Sebenarnya rumor bahwa bawang putih bisa menyembuhkan sakit gigi sudah lama beredar, baik dengan cara diminum bersama garam, mengunyahnya hingga meletakkan di pergelangan tangan.

Tak bisa dipungkiri, banyak orang menggunakan bawang putih sebagai obat alami karena sifat bakterisidanya yang baik untuk pengobatan dan pencegahan berbagai penyakit.

Namun, menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi rasanya hanya omong kosong. Melansir dari Stomatology, jika Anda bisa memastikan bahwa bawang putih mengandung zat analgesik, yakni obat yang biasa digunakan meredakan nyeri mungkin benar jika bwang putih bisa mengobati sakit gigi.

Sayangnya, kemungkinan kecil bawang putih mengandung analgesik. Meskipun bawang putih mengandung analgesik, mungkin sangat sedikit dan tidak sekuat obat-obatan dari dokter.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB
X