Begini Cara Olahraga Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

- Selasa, 7 April 2020 | 10:44 WIB
[Ilustrasi] Olahraga. (Pixabay)
[Ilustrasi] Olahraga. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Profesor Marc Pellegrini, seorang pakar penyakit menular di Walter and Eliza Hall Institute, Australia, mengatakan, kunci untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi adalah vaksin.

"(Vaksin) meningkatkan kapasitas sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, karena Anda memaparkannya ke patogen, maka (patogen) akan dikenali di waktu berikutnya," tutur Pellegrini, dilansir abc.net.au.

Karena hingga saat ini belum ada vaksin untuk Covid-19, pakar kesehatan menganjurkan masyarakat menjaga sistem imun dengan melakukan pola makan seimbang, olahraga teratur, dan tidur cukup.

AYO BACA: Tangkal Covid-19 dengan Mengonsumsi Ubi Ungu

AYO BACA: Bacaan Qunut Nazilah, Doa Menangkal Malapetaka

AYO BACA: [CEK FAKTA] Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

Di sisi lain, makanan memang memiliki nutrisi yang secara langsung berdampak pada kesehatan, lalu bagaimana dengan olahraga? Bagaimana olahraga berdampak pada sistem kekebalan tubuh?

Dilansir CNN, aktivitas fisik membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru, mengurangi kemungkinan terkena flu, pilek, atau penyakit lainnya.

href="https://www.ayobandung.com/tag/Olahraga">Olahraga juga mengurangi kadar hormon stres tubuh, seperti adrenalin dan kortisol, jelas MaryAnn Browning, CEO dan pendiri Browningsfitness. Kadar hormon stres yang lebih rendah dapat melindungi dari penyakit.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

3 Cara Mudah Mulai Hidup Sehat di 2023

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:45 WIB
X