Bahaya Es Teh Jika Dikonsumsi Berlebihan, Sebabkan Gagal Ginjal

- Jumat, 28 Februari 2020 | 12:57 WIB
[Ilustrasi] Es teh tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. (Pixabay)
[Ilustrasi] Es teh tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Meski nikmat jika diminum setelah makan siang, es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh juga bisa membahayakan kesehatan.

Perlu dibedakan antara minuman es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh dan href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh biasa. Secara umum, teh memang baik untuk kesehatan. Teh bisa menurunkan risiko kanker, berat badan, hingga menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, akan berbeda cerita ketika kita mengonsumsi es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh.

Melansir HiMedik, seorang pria 56 tahun mengeluh kelelahan, lemas, dan sakit di seluruh bagian tubuhnya. Dokter kemudian menemukan bahwa dia mengalami href="https://www.ayobandung.com/tag/-gagal-ginjal"> gagal ginjal.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam ditemukan bahwa pria tersebut selalu mengonsumsi es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh setiap hari. Dia minum es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh hampir satu galon sehari. Kebiasaan minum es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh secara berlebihan itulah membuatnya mengalami href="https://www.ayobandung.com/tag/-gagal-ginjal"> gagal ginjal.

''Es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh mengandung banyak asam aksalat yang jika dikonsumsi berlebihan bisa mengendap di ginjal dan membuat pembuang limbah justru melalui darah,'' kata Scott Youngquist, dokter darurat di University of Utah Health.

Pria itu mengalami href="https://www.ayobandung.com/tag/-gagal-ginjal"> gagal ginjal karena banyaknya endapan es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh di ginjalnya.

Selain es href="https://www.ayobandung.com/tag/-teh"> teh, teh hitam yang kaya oksalat bisa menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi berlebihan.

Dokter pun juga menduga pria tersebut mungkin saja mendapat asupan senyawa oksalat ini dalam jumlah yang sangat banyak, sekitar 1.500 miligram setiap harinya. Padahal seharusnya seseorang hanya bisa menerima asupan oksalat ini sekitar 150 sampai 500 miligram per hari.

''Jenis href="https://www.ayobandung.com/tag/-gagal-ginjal"> gagal ginjal ini juga bisa disebabkan karena konsumsi buah belimbing, mentimun, dan kacang tanah yang berlebihan,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

3 Cara Mudah Mulai Hidup Sehat di 2023

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:45 WIB
X