Manfaat Ajaib ASI, Bisa Lindungi Bayi dari Sakit Ini

- Senin, 20 Januari 2020 | 15:07 WIB
[Ilustrasi] Ibu menyusui. (Pixabay)
[Ilustrasi] Ibu menyusui. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Profesor Valerie Verhasselt menyebutkan bahwa href="https://www.ayobandung.com/tag/-ASI"> ASI bisa memvaksinasi bayi dari malaria.

Dilansir dari Medical Express, penelitian dari Sekolah Ilmu Molekuler UWA tersebut memperkenalkan konsep baru yang bisa diuji untuk mencegah penyebaran malaria.

"Lebih dari 200 juta kasus malaria dilaporkan setiap tahun di seluruh dunia, dengan mayoritas di Afrika," kata Profesor Verhasselt.

AYO BACA : Ibu Menyusui ASI Eksklusif Disarankan tak Puasa

"Bayi yang berusia di bawah lima tahun merupakan dua per tiga dari semua kematian akibat malaria, menyoroti perlunya pencegahan dini dan pencegahan infeksi malaria secara efisien," katanya.

Dia mengatakan, menyusui adalah cara paling efisien untuk mencegah penyakit dan kematian anak-anak terkait dengan penyakit infeksi saluran pernapasan dan gastro-intestinal.

"Sebelum penelitian ini, ada bukti yang bertentangan tentang apakah menyusui dapat mencegah malaria dan kami ingin menemukan cara untuk memastikan pencegahan malaria melalui menyusui," katanya.

AYO BACA : Manfaat ASI Hanya Berlaku Hingga Anak Berusia 2 Tahun

Peneliti kemudian mengusulkan hipotesis asli bahwa kehadiran antigen malaria (protein) dalam href="https://www.ayobandung.com/tag/-ASI"> ASI merangsang pertahanan kekebalan dan mengurangi risiko malaria pada bayi yang disusui. Hal tersebut akan menjadi cara untuk memvaksinasi bayi secara alami.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X