Mengenal Sindrom Patah Hati yang Bikin Stres

- Rabu, 25 Desember 2019 | 23:44 WIB
Ilustrasi patah hati.(Pixabay)
Ilustrasi patah hati.(Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Para peneliti menyatakan beberapa tahun terakhir bahwa stres ekstrem dapat benar-benar menghancurkan hati Anda. Mereka menyebutnya dengan sindrom patah hati.

Dirangkum dari WebMD, sindrom patah hati bisa terjadi ketika orang atau hewan peliharaan mati, selama perawatan medis yang penuh stres, setelah kehilangan pekerjaan atau ketika stres luar biasa lainnya terjadi.

Sindrom ini umumnya menyerang wanita. Sementara literatur medis tentang sindrom patah hati masih jarang, sudah banyak kasus terungkap.

Selama periode 6 tahun, para peneliti dari MD Anderson Cancer Center di Houston menemukan 30 pasien yang menjalani pengobatan kanker memenuhi kriteria untuk sindrom patah hati. Peneliti mengatakan diagnosis harus dipertimbangkan pada pasien kanker yang mengalami nyeri dada.

Dalam laporan lain, seorang dokter menyajikan riwayat kasus dari dua wanita yang lebih tua. Satu dirawat karena penyakit paru-paru kronis dan yang lainnya untuk gastritis, yang mengalami sindrom patah hati.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X