Begini Cara Gunakan AED, Perangkat Pacu Jantung Portabel

- Kamis, 16 Mei 2019 | 21:57 WIB
Perawat sedang mempraktikan penggunaan AED. (Alya Dinda/Ayobandung.com)
Perawat sedang mempraktikan penggunaan AED. (Alya Dinda/Ayobandung.com)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM—Automated External Defibrillator ( href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED) merupakan alat stimulasi detak href="https://www.ayobandung.com/tag/-jantung"> jantung portabel dengan listrik bertegangan tinggi. Alat ini merupakan perangkat pertolongan pertama terhadap penderita penyakit href="https://www.ayobandung.com/tag/-jantung"> jantung yang tidak sadarkan diri. 

Layaknya perangkat pacu href="https://www.ayobandung.com/tag/-jantung"> jantung, href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED membantu mengembalikan irama detak href="https://www.ayobandung.com/tag/-jantung"> jantung kembali normal melalui sengatan listrik. Alat ini memiliki perangkat elektronik yang mengalirkan sengatan listrik melalui kabel dan bantalan stiker yang ditempelkan pada dada korban.

kepala IGD Rumah Sakit Hasan Sadikin Doddy Tavianto menegaskan, produk href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED banyak jenisnya di pasaran. Namun, semua fungsinya sama. href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED juga dilengkapi instruksi penggunaan dengan audio untuk mempermudah masyarakat awam. 

Banyak mereknya, tapi intinya ialah fungsinya sama, hanya mereknya saja yang berbeda-beda. Semua orang awam itu bisa mempergunakannya. Kenapa? Karena di sini ( href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED) nanti akan mengeluarkan suara untuk apa yang harus dilakukan, ujar Doddy, Kamis (16/05/2019) di IGD Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Instruksi audio yang terinstal dalam perangkat href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Perangkat href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED memiliki instruksi yang singkat dan jelas mengenai petunjuk penggunaannya. 

Kita tinggal mengikuti perintah yang dikeluarkan alat ini ( href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED). Dia akan memerintahkan langkah yang harus diikuti untuk memberikan pertolongan pertama, jadi mudah sekali digunakan siapa pun, tambahnya.

AYO BACA : Stres Picu Risiko Penyakit Jantung

Berikut ini langkah-langkah menggunakan perangkat href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED pada korban penyakit href="https://www.ayobandung.com/tag/-jantung"> jantung:

1. Periksa respons dengan menepuk-nepuk bahu korban sambil berbicara dengan suara keras untuk mengembalikan kesadaran korban. Kemudian, periksa detak nadinya. Jika korban benar-benar tidak sadarkan diri, perintahkan orang lain untuk mengambil perangkat href="https://www.ayobandung.com/tag/AED">AED dan memanggil ambulans.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB

10 Gejala Awal Kanker, Kenali Sebelum Terlambat

Rabu, 12 Januari 2022 | 15:55 WIB

Bahaya Memakai Pantyliner Setiap Hari, Ini Risikonya!

Selasa, 11 Januari 2022 | 16:46 WIB

Coba Yuk 5 Minuman Yang Bisa Membersihkan Ginjal

Selasa, 11 Januari 2022 | 11:39 WIB

Penyebab Sering Sendawa dan Tips Mengatasinya

Senin, 10 Januari 2022 | 15:50 WIB

6 Bahaya Akibat Makan Tidak Teratur

Senin, 10 Januari 2022 | 10:56 WIB
X