Cara Hadapi Putus Cinta Menurut Sains

- Selasa, 5 Juni 2018 | 21:37 WIB
Ilustrasi putus cinta.(pixabay)
Ilustrasi putus cinta.(pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--cinta">Putus cinta bisa menjadi hal yang sangat buruk bagi setiap pasangan, terutama bagaimana cara mengobatinya.

Sebuah perpisahan bisa saja menghancurkan hati seseorang. Sebagian orang mengalami insomnia, pikiran terganggu, bahkan sistem kekebalan tubuhnya menurun. 

Bahkan, orang yang berpikiran positif lalu putus cinta dapat mengalami kesulitan menentukan cara terbaik untuk melanjutkan hidup. Apa yang bisa dilakukan untuk bisa move on

Melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: General, para peneliti menguji berbagai strategi kognitif dan menemukan cara terbaik untuk membantu orang mengatasi perpisahan.

Para peneliti mengumpulkan 24 orang yang patah hati, berusia 20-37 tahun yang telah menjalin hubungan selama rata-rata 2,5 tahun. Beberapa dari mereka dicampakkan, sementara yang lain tidak, tetapi semua kesal tentang hal itu—dan sebagian besar masih menyukai mantan mereka. 

Dalam serangkaian petunjuk, mereka dilatih menggunakan tiga strategi kognitif yang dimaksudkan untuk membantu mereka melanjutkan hidup.

Strategi pertama adalah menilai kembali mantan mereka secara negatif. Para partisipan memikirkan aspek-aspek yang tidak menguntungkan dari kekasih mereka, seperti kebiasaan yang sangat menyebalkan. Dengan menyorot sifat-sifat negatif mantan, hati akan melunak.

AYO BACA : 5 Zodiak yang Menyimpan Dendam Setelah Putus

Kedua, partisipan membaca dan meyakini pernyataan penerimaan, seperti "Tidak apa-apa untuk mencintai seseorang yang tidak bersama saya." 

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X