Penjelasan BPOM soal Isu Mikroplastik di Air Minum dalam Kemasan

- Sabtu, 17 Maret 2018 | 18:55 WIB
Kepala BBPOM Bandung Abdul Rahim
Kepala BBPOM Bandung Abdul Rahim

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Balai Pengawasan Obat dan Makanan menanggapi maraknya isu kandungan mikroplastik pada air minum dalam kemasan.

Klarifikasi BPOM menyebut mikroplastik merupakan isu yang sedang diamati perkembangannya. Lembaga Internasional seperti EFSA (European Food Safety Authority), US-Environmental Protection Agency/US-EPA saat ini sedang mengembangkan pengkajian termasuk metode analisis untuk melakukan penelitian toksikologi terhadap kesehatan manusia.

Belum ada studi ilmiah yang membuktikan bahaya mikroplastik bagi tubuh manusia. The Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives (JECFA) selaku lembaga pengkaji risiko untuk keamanan pangan di bawah FAO-WHO belum mengevaluasi toksisitasplastik dan komponennya. 

Oleh karena itu, belum ditentukan batas aman untuk mikroplastik. Codex, sebagai badan standar pangan dunia di bawah FAO-WHO belum ketentuan tentang mikroplastik pada pangan.

BPOM akan terus memantau isu mikroplastik dan berkoordinasi dengan lintas keahlian, akademisi, kementerian, dan lembaga terkait serta asosiasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

BPOM mengimbau agar konsumen tetap tenang karena keamanan, mutu dan gizi produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang beredar di Indonesia sudah diatur dalam SNI AMDK (Wajib SNI) dan Peraturan Kepala Badan POM, yang standarnya sejalan dengan standar internasional yang ditetapkan dalam Codex. 

BPOM terus melakukan pengawasan pre-market dan post-market terhadap keamanan, mutu, dan gizi produk pangan sesuai dengan standar yang berlaku.

Sementara itu, Kepala BBPOM Abdul Rahim ketika ditanya isu mikroplastik mengaku tidak ada tindakan khusus. 
 
Pihaknya hanya melakukan pengawasan rutin terhadap produksi dan distribusi AMDK di Jawa Barat serta melakukan sampling untuk diuji di laboratorium.
 
"Masyarakat atetap tenang, karena kualitas AMDK dijamin oleh BPOM," katanya kepada ayobandung.com, Sabtu (17/3/2018).

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X