10 Cara Meningkatkan Kecerdasan lewat Kebiasaan Sehari-hari

- Rabu, 28 Februari 2018 | 08:26 WIB

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM -- Untuk bisa berpikir secara cerdas, otakmu membutuhkan latihan dalam proses berpikir, memiliki informasi, dan fokus. Kecerdasan itu fleksibel. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkannya. Merangkum dari boldsky, berikut adalah 10 cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan.

Belajar lebih banyak
Otak manusia sangat plastis. Berikan informasi, itu tumbuh lebih tajam. Jik Lup untuk mengasah dengan keterampilan baru ujung-ujungnya , ia menjadi berkarat. Jadi jika kamu ingin meningkatkan kecerdasan, kembangkan kebiasaan belajar hal baru setiap hari, bahkan jika membaca 1 artikel

Membaca
Ini mungkin terdengar membosankan dan bakal lebih membosankan jika kamu bukan pembaca setia. Namun penelitian telah menunjukkan bahwa membaca sangat baik untuk otak. Tidak hanya meningkatkan imajinasi dan kreativitas, membaca juga membantu memperbaiki kosa kata, kemampuan untuk bersikap empati, dan kemampuan untuk mengartikulasikan pemikiran dengan jelas dalam kehidupan sehari-hari.

Tingkatkan Kecerdasan Emosional
Sejumlah besar data penelitian telah terbukti bahwa mereka yang memiliki kecerdasan emosional membuat mereka menjadi pemimpin yang lebih baik daripada mereka yang memiliki kecerdasan rasional. Mengapa? Karena mereka yang memiliki kecerdasan emosional mampu membangkitkan loyalitas dan menginspirasi para pengikutnya. 

Mengubah Gaya Rutinitas
Tugas rutin ini adalah cara mudah lain untuk membuat otakmu berlari. Ganti saja cara melakukan tugas rutinmu. Misalnya, jika kamu menyikat gigi dengan tangan kanan, gunakan tangan kiri selama beberapa hari. Ini akan membuat otakmu menciptakan jalur baru untuk menyesuaikan diri dengan alienasi dari rutinitas yang sudah tidak asing lagi.

Jangan Mengandalkan Google Sepanjang Waktu
Meskipun Google dan kemajuan teknologi lainnya membuat hidup kita jauh lebih mudah, mereka juga melatih kita untuk berhenti menggunakan otak. Jadi lain kali jika tersesat di persimpangan sebuah kota baru, coba tanyakan pada penduduk setempat arahnya, daripada menyalakan GPS. Upaya ekstra akan memperkuat kinerja otakmu.Hal ini tidak memintamu untuk berhenti menggunakan teknologi. Tetapi hanya meminta dirimu untuk secara sadar memilih jalan yang lebih sulit dari waktu ke waktu laiknya meningkatkan kinerja otakmu.

Jelaskan hal untuk diri sendiri
Lain kali jika kamu menemukan beberapa informasi baru, luangkan waktu sebentar untuk menjelaskan konsep itu kepada diri sendiri dengan suara keras. Kamu bahkan bisa melakukannya di depan cermin dan berpura-pura menjadi guru dan refleksi siswa. Ini keuntungan dari fakta bahwa otakmu mengingat hal-hal yang lebih baik saat kamu mendengarnya.

Membuat rangkuman
Coba rangkum konsep besar minimal dalam 140 karakter untuk setiap kegiatan yang kamu lakukan. Ini akan memaksa dirimu untuk mengedit pikiran, membuat mereka lebih ringkas, bahkan meningkatkan kemampuan komunikasi. 

Bermain game otak
Hal terbaik tentang hidup di abad ke-21 adalah kita memiliki aplikasi yang menjanjikan kehidupan kita dengan lebih baik. Permainan otak berbasis aplikasi tidak berbeda. Kamu dapat mendownload berbagai macam permainan otak yang menargetkan berbagai komponen kecerdasan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

3 Cara Mudah Mulai Hidup Sehat di 2023

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:45 WIB
X