Debit Air di Sungai Cianjur Mulai Menyusut, Lahan Pertanian Terancam Kekeringan

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 20:35 WIB
Pemeliharaan dan pengerukan menjadi salah satu antisipasi agar aliran Sungai Cianjur tetap terjaga saat kemarau.
Pemeliharaan dan pengerukan menjadi salah satu antisipasi agar aliran Sungai Cianjur tetap terjaga saat kemarau.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Curah hujan yang kini mulai menurun membuat permukaan debit air di alitan Sungai Cianjur mulai menyusut. Ratusan hektar lahan sawah pun terancam alami kekeringan.

Diperlukan antisipasi agar debit air yang mulai menyusut tidak berdampak pada sektor pertanian dan perikanan, salah satunya dengam dilakukan pengerukan.

Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cianjur, Kholis Mukhlis, mengatakan, debit air itu memang tidak bisa lepas dari kondisi musim kemarau.

“Antisipasi yang kami lakukan disaat debit air mulai menyusut dengan cara pengerukan, agar tidak terhambat aliran airnya,” terang Kholis pada hari Rabu, 4 Agustus 2021.

Kuantitas atau debit air memang harus dijaga saat musim kemarau, supaya tidak mengganggu kebutuhan lahan-lahan pertanian, terutama sawah.

Hanya saja, ungkap Kholis, tidak semua aliran sungai dikelola pemerintah daerah. Ada juga yang dikelola Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Pemprov Jabar. 

"Sejumlah aliran sungai yang ada di wilayah perkotaan, penanganannya ada di BBWS Citarum, karena semuanya bermuara ke Sungai Citarum. Untuk di daerah (Kabupaten Cianjur) kita tak punya kewenangan pengelolaan,” katanya.

Kholis menjelaskan, pemeliharaan aliran sungai dilakukan untuk mendukung program Manajemen Pengelolaan Sampah Daerah Menuju Cianjur Bersih dari Sampah (Melak Samara).

"Kalau pemerintah daerah hanya membantu pemeliharaan dengan pembersihan aliran-aliran sungai. Kami fokus pada aliran Sungai Cianjur, Sungai Cianjur Leutik, dan Sungai Cimenteng," tandasnya. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jawa Barat Diklaim Sudah Bebas dari Zona Oranye

Jumat, 24 September 2021 | 22:27 WIB

UID-Gajah Tunggal Teruskan Sentra Vaksinasi di Karawang

Kamis, 23 September 2021 | 13:09 WIB

22 Persen Pengguna Narkoba Cianjur Didominasi Pelajar

Rabu, 22 September 2021 | 21:24 WIB

Bupati Yakin Cianjur Sudah Layak PPKM Level 1

Rabu, 22 September 2021 | 18:06 WIB

Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Empat Orang Tewas

Rabu, 22 September 2021 | 11:40 WIB
X