Sukabumi Diguncang Gempa M2,4, Ini Penjelasan BMKG

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 07:19 WIB
Ilustrasi -- Gempa.
Ilustrasi -- Gempa.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gempa bumi M2,4 mengguncang wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya, Rabu, 04 Agustus 2021 pukul 05:41:23 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa episenter gempa bumi berkekuatan M=2,4 ini terletak pada koordinat 6.92 LS dan 107.02 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 4 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hendro Nugroho menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri.

Hendro menyebut, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG. Sementara berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cireunghas dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Hendro menyebut, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Hingga pukul 05:52 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," lanjutnya. 

Dia pun mengimbau kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," ujarnya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Ribuan Siswa SD Tidak Bisa Login Simulasi ANBK

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:07 WIB
X