Stok Vaksin Jabar Habis, Ridwan Kamil: Bolanya Ada di Pemerintah Pusat

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:00 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi di Ikea, Padalarang, Bandung Barat (KBB), Selasa, 3 Agustus 2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi di Ikea, Padalarang, Bandung Barat (KBB), Selasa, 3 Agustus 2021.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan stok vaksin di Jawa Barat akan habis. Pihaknya masih menunggu pasokan vaksin dari pemerintah yang dijanjikan turun pada Agustus ini. 

Ridwan Kamil juga mengaku telah mengajukan permohonan kebutuhan vaksin 27 kabupaten/kota ke pusat. Rencananya, Agustus ini ada jutaan dosis vaksin bakal disalurkan, tinggal menunggu realisasi waktunya. 

"Stok vaksin kita memang mau habis. Sudah kita mintakan daerah-daerah, nah bolanya ada di pemerintah pusat. Pemerintah menjanjikan ada puluhan juta dosis akan datang pada bulan Agustus ini. Jadi permohonan sudah disampaikan tapi barang belum datang," ujar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi di Ikea, Padalarang, Bandung Barat (KBB), Selasa, 3 Agustus 2021.

Pria akrab disapa Emil ini menjelaskan Provinsi Jawa Barat mendapat dosis vaksin sebanyak 10 juta dari pemerintah pusat. Dari jumlah itu, penyuntikan vaksin telah mencapai 9 juta dosis dan akan terus digenjot untuk sisanya. Ia menargetkan vaksinasi selesai pada Desember 2021.

"Jawa barat terus mengakselerasi percepatan vaksinasi supaya Desember bisa selesai," jelasnya. 

Emil berharap jika stok vaksin telah tersedia, kabupaten kota bisa melakukan percepatan minimal 24.000 dosis per hari. Hal tersebut bisa dicapai dengan memaksimalkan peran puskesmas, klinik, pemerintah desa, dan pihak swasta

"Di KBB setiap harinya ada 7.000 sampai 8.000, itu akan sangat aman kalau kecepatannya seperti itu ditingkatkan ke 24.000-an per hari. Saya pesan ke bupati, maksimal puskesmas-puskesmas minimal 50 tiap puskesmas, ajak klinik, rumah sakit, dan aparat desa. Serta partisipasi pihak ketiga," ujarnya. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

UID-Gajah Tunggal Teruskan Sentra Vaksinasi di Karawang

Kamis, 23 September 2021 | 13:09 WIB

22 Persen Pengguna Narkoba Cianjur Didominasi Pelajar

Rabu, 22 September 2021 | 21:24 WIB

Bupati Yakin Cianjur Sudah Layak PPKM Level 1

Rabu, 22 September 2021 | 18:06 WIB

Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Empat Orang Tewas

Rabu, 22 September 2021 | 11:40 WIB
X