Bappenda Cianjur Maklumi Kondisi Hotel dan Restoran Saat PPKM

- Jumat, 30 Juli 2021 | 20:00 WIB
Salah satu hotel di kawasan Cipanas Cianjur, ada kebijakan pajak hotel.
Salah satu hotel di kawasan Cipanas Cianjur, ada kebijakan pajak hotel.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cianjur, memaklumi kondisi bisnis hotel dan restauran saat penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat maupun Level 3 saat ini.

“Kami sangat memaklumi kondisi hotel dan restauran disaat PPKM, ada kebijakan yang tidak memberatkan para pelaku usaha,” terang Komarudin pada Ayobandung.com, Jumat, 30 Juli 2021.

Kebijakan ini dikeluarkan karena pemerintah dalam hal ini Bappenda bukanlah aparat hukum, melainkan sebagai mitra yang harus saling memahami dan mengerti.

“Semenjak pandemi Covid-19 hingga saat ini diberlakukan PPKM, kami menemui sejumlah pemilik maupun manajemen hotel dan restauran hanya sekadar menyerap masukan dan melihat langsung kondisi mereka,” katanya.

Hotel diberlakukan berbagai pajak, diantaranya seperti pajak bumi dan bangunan, pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak penggunaan air, dan bawah tanah.

Mengingat kondisi sekarang ini, apabila pihak hotel terlambat membayar pajal tersebut, mereka dipersilakan mengajukan permohonan penundaan pembayaran.

“Bagi mereka yang memgajukan surat tersebut, tentu saja kami tidak akan menagih pajaknya, tapi ditunda dan dihilangan denda selama PPKM,” tuturnya.

Sesuai dengan keinginan pelaku bisnis hotel dan restauran, Komarudin mengatakan, pemerintah berharap pandemi Covid-19 segera hilang.

“Semuanya punya keinginan yang sama agar pandemi Covid-19 ini hilang dari Indonesia, diperlukan kesabaran dan juga mematuhi protokol kesehatan agar semuanya bisa normal kembali,” tandasnya. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jawa Barat Diklaim Sudah Bebas dari Zona Oranye

Jumat, 24 September 2021 | 22:27 WIB

UID-Gajah Tunggal Teruskan Sentra Vaksinasi di Karawang

Kamis, 23 September 2021 | 13:09 WIB

22 Persen Pengguna Narkoba Cianjur Didominasi Pelajar

Rabu, 22 September 2021 | 21:24 WIB

Bupati Yakin Cianjur Sudah Layak PPKM Level 1

Rabu, 22 September 2021 | 18:06 WIB
X