Hotel di Cianjur Terancam Gulung Tikar akibat PPKM, Tagihan Listrik Tak Terbayar

- Kamis, 29 Juli 2021 | 19:50 WIB
Salah satu hotel di kawasan wisata Cipanas, Cianjur, sepi pengunjung selama PPKM.
Salah satu hotel di kawasan wisata Cipanas, Cianjur, sepi pengunjung selama PPKM.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Puluhan hotel yang ada di Kabupaten Cianjur bisa gulung tikar satu per satu, jika tidak ada relaksasi tagihan listik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Hal itu diungkapkan Ketua PHRI Kabupaten Cianjur, Nano Indrapraja, berkaitan dengan penerapan PPKM Darurat hingga level 3 di Kabupaten Cianjur.

Ada sejumlah kewajiban yang harus dibayar, baik itu pajak berkenaan dengan operasional hotel dan restauran, seperti pajak bumi dan bangunan, pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak penggunaan air dan bawah tanah.

“Relaksasi dari Pemkab Cianjur untuk masalah pajak, karena memang kondisinya sudah diketahui yang sebenarnya selama PPKM,” kata Nano pada wartawan, Kamis 28 Juli 2021.

Hanya saja, Nano menyoroti tagihan listrik yang begitu besar ditanggung hotel dan restauran. Sedangkan kondisinya saat ini sedang PPKM dan sepi pengunjung.

“Kalau tidak ada relaksasi listrik dari PLN, kemungkinan hotel bisa tutup karena tidak bisa membayar tagihan listrik,” katanya.

Nano mengatakan, pemberlakuan PPKM Lanjutan di Kabupaten Cianjur membuat kesejahteraan para pelaku pariwisata, seperti hotel dan restoran, minim diperhatikan oleh pemerintah Kabupaten Cianjur.

"Sudah 1,5 tahun Pandemi Covid 19, sudah ribuan karyawan dirumahkan. Seharusnya bisa lebih peka terhadap pelaku pariwisata yang saat ini sedang terkapar, hidup segan mati tak mau," tandasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB

Waduh, Pasangan Nikah Siri Didominasi Orang Kota

Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kebun Raya Cibodas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:26 WIB
X