Beragam Inovasi Dongkrak Produk Petani Cianjur Melalui Cinlok Petai

- Kamis, 29 Juli 2021 | 18:25 WIB
Bupati dan Wabup Cianjur me-launching program Cinlok Petai.
Bupati dan Wabup Cianjur me-launching program Cinlok Petai.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Kabupaten Cianjur sejak dahulu merupakan daerah pertanian. Sudah menjadi kewajiban untuk bisa memaksimalkan hasilnya demi kesejahteraan petani.

Demi mempertahankan kesejahteraan itu, berbagai terobosan pun dilakukan Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, tentu saja dengan konsep kekinian secara teknologi informasi.

Bagaimanapun, semuanya harus diawali dengan mengupayakan masyatakat Cianjur mencintai produk lokal sektor pertanian dan peternakan melalui intensifikasi dan diversifikasi produk.

Plt Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, Parwinia, menyatakan, pihaknya sudah membuat draf produk unggulan dari semua wilayah kecamatan di Kabupaten Cianjur

“Sementara ini data yang kita input, ada sekitar 100 produk atau komoditas unggulan pertanian dan peternakan di Cianjur,” ujar Parwinia usai acara launching program Cinta Produk Lokal Pertanian dan Peternakan (Cinlok Petai) yang dibuka langsung Bupati dan Wabup Cianjur, Kamis 28 Juli 2021.

Strategi pemasarannya, ungkap Parwinia, pihaknya akan bekerja sama dengan BUMD Sugih Mukti. Nantinya, produk-produk unggulan sektor pertanian maupun peternakan itu akan diprioritaskan memenuhi kebutuhan konsumsi lokal.

"Memaksimalkan jaringan pemerintah dengan sejumlah supermarket, kami akan memfasilitasi temu usaha antara pelaku usaha dengan calon pembeli, terutama dari supermarket,” tandasnya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, menyatakan, harus ada pengembangan sektor pertanian yang dikerjasamakan dengan BUMD Sugih Mukti serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). 

“Memajuki sektor pertanian, berarti otomatis kesejahteraan petani berkembang, prioritasnya dari segi pemasaran yang membutuhkan banyak partisipasi elemen lainnya,” ujarnya. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

36 Tahun Terus Macet, Bogor-Cianjur Butuh Jalur Puncak 2

Sabtu, 18 September 2021 | 13:28 WIB

Kaum Disabilitas Cianjur Terima Bantuan Kemensos

Jumat, 17 September 2021 | 21:37 WIB

Pejabat Disdikbud Cianjur Datangi Gedung KPK, Ada Apa?

Jumat, 17 September 2021 | 17:09 WIB

Teks Amanat Galunggung dan Maknanya yang Harus Dijaga

Jumat, 17 September 2021 | 15:53 WIB

Kapolres: Cianjur Rawan Geng Motor

Kamis, 16 September 2021 | 16:12 WIB
X