Musim Kemarau Melanda, Cianjur Antisipasi Potensi Kebakaran

- Rabu, 28 Juli 2021 | 20:55 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak kemarau masih akan terjadi hingga September 2020.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak kemarau masih akan terjadi hingga September 2020.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Musim kemarau di Kabupaten Cianjur sudah mulai melanda dibeberapa wilayah, potensi kebakaran rumah penduduk maupun hutan cukup tinggi.

Mengantisipasi hal tersebut, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur menyatakan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancamam kebakaran hutam maupun rumah penduduk.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, Tulus Budiyono, mengatakan, kesiapsiagaan itu tidak hanya dari petugas, tetapi juga sarana dan prasarana.

“Dalam segala keterbatasan sarana dan prasarana maupun personil, kita siap menghadai potensi kebakaran hutan maupun pemukimam penduduk,” terang Tulus pada hari 28, Juli 2021.

Selain itu, ungkap Tulus, pihaknya sudah berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memetakan potensi kebakaran.

"Wilayah Cianjur itu memang memiliki hutan dan lahan cukup luas, tapi potensi kebakaran sama dengan pemukiman penduduk,” tuturnya.

Personel Damkar yang saat ini ada sekitar kurang lebih 200 personel yang tersebar di 6 markas komando yakni Pos Cianjur, Cipanas, Ciranjang, Cikalongkulon, Cibeber, dan Sindangbarang.

"Seharusnya pada tahun ini atau tahun depan sudah ada penambahan mako Damkar, tapi karena pandemi Covid 19, terkena refocusing,” tandasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X