Inilah Penyebab Ruas Jalan Utama di Kota Cianjur bagaikan Sungai Saat Hujan

- Selasa, 27 Juli 2021 | 20:15 WIB
Petugas sedang membersihkan pasir dan sampah yang menyumbat aliran air karena dipasang besi.
Petugas sedang membersihkan pasir dan sampah yang menyumbat aliran air karena dipasang besi.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Sejumlah ruas jalan protokol di Kabupaten Cianjur selalu tergenang air kala hujan deras turun. Ternyata penyebabnya banyak pemilik toko memasang penutup besi di saluran air.

Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR dan Dinas Kimrungtan meninjau ke sejumlah ruas jalan utama yang setiap hujan turun selalu meluap hingga mirip sungai.

“Iya betul kami tinjau langsung bersama dari Dinas PUPR dan Dinas Kimrungtan, sesuai dengan intruksi dari Pak Bupati,” kata Plt Kabid Pengelola Sampah dan Limbah (PSL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, M Neneng Restiantie, Selasa, 27 Juli 2021.

Setelah meninjau langsung di Jalan Ir. H Juanda atau dikenal dengan nama Jalan Salakopi, ungkap Neneng, ternyata saluran air itu dipasangi besi oleh para pemilik toko, tanpa izin ke pihak berwenang, yang mengakibatkan saluran air mampet dan air naik ke jalan.

"Dipasangnya besi di saluran air oleh pemilik toko, mengakibatkan kalau ada sampah atau tanah pasti nyumbat dan air meluap ke jalan," tuturnya.

Alasan pemilik toko memasang besi di saluran air, karena mobil susah masuk, makanya dipasang besi. Inisiatif dari pemilik toko ini tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Tetapi, kata Neneng, pihaknya tidak membongkar besi di saluran air tersebut. Hanya saja, pemilik diingatkan agar rutin memeriksa saluran.

“Sudah kita ingatkan, kalau tidak mau dibonglar, mereka harus rutin memeriksanya, kalau udah ada sampah harus segera dibersihkan,” tandasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jawa Barat Diklaim Sudah Bebas dari Zona Oranye

Jumat, 24 September 2021 | 22:27 WIB

UID-Gajah Tunggal Teruskan Sentra Vaksinasi di Karawang

Kamis, 23 September 2021 | 13:09 WIB

22 Persen Pengguna Narkoba Cianjur Didominasi Pelajar

Rabu, 22 September 2021 | 21:24 WIB

Bupati Yakin Cianjur Sudah Layak PPKM Level 1

Rabu, 22 September 2021 | 18:06 WIB
X