Dikira PPKM Tak Diperpanjang, Warga Tasik Gelar Nasi Liwet di Tengah Jalan

- Senin, 26 Juli 2021 | 11:37 WIB
Tangkapan layar video viral makan bareng nasi liwet di tengah ruas Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Sabtu, 26 Juli 2021.
Tangkapan layar video viral makan bareng nasi liwet di tengah ruas Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Sabtu, 26 Juli 2021.

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Kapolres Tasikmalaya Kota yang juga Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan mengatakan, video viral warga sedang makan nasi liwet di tengah ruas jalan merupakan para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Mereka melakukan aksi makan nasi liwet di tengah ruas jalan yang ditutup selama pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 4 secara spontanitas.

“Kita sudah meminta keterangan inisiator makan bareng nasi liwet di tengah ruas Jalan Cihideung, dan katanya dilakukan spontanitas dalam rangka syukuran akan berakhirnya PPKM level 4” ujar Doni, dilaporkan Ayotasik.com, Senin, 26 Juli 2021.

Menurutnya, dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan diketahui jika kegiatan makan bareng nasi liwet tersebut dilakukan pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Seusai video berdurasi 22 detik tersebut viral di jejaring media sosial, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian dan memeriksa sejumlah orang yang berada di dalam video tersebut.

“Inisiantornya sudah mengaku bersalah telah melanggar prokes dan tidak akan melakukan lagi makan nasi liwet di tengah jalan. Banyak yang tidak menggunakan masker dan berkerumun,” ucapnya.

Ia menuturkan, pihaknya tidak akan memproses lanjut kasus tersebut karena para pedagang sudah berjanji dan membuat surat penyataan tidak akan mengulangi perbuatan serupa. Namun, pihaknya akan memprosesnya jika sampai kejadian tersebut kembali terulang disaat PPKM level 4.

“Kasusnya sudah selesai. Saya harap kejadian ini tidak kembali terjadi di Kota Tasik,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Pusat telah menyatakan perpanjangan masa PPKM level 4 sebagai upaya untuk menekan pergerakan orang dalam mencegah penyebaran Covid-19 hingga 2 Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

36 Tahun Terus Macet, Bogor-Cianjur Butuh Jalur Puncak 2

Sabtu, 18 September 2021 | 13:28 WIB

Kaum Disabilitas Cianjur Terima Bantuan Kemensos

Jumat, 17 September 2021 | 21:37 WIB

Pejabat Disdikbud Cianjur Datangi Gedung KPK, Ada Apa?

Jumat, 17 September 2021 | 17:09 WIB

Teks Amanat Galunggung dan Maknanya yang Harus Dijaga

Jumat, 17 September 2021 | 15:53 WIB

Kapolres: Cianjur Rawan Geng Motor

Kamis, 16 September 2021 | 16:12 WIB
X