Pemkot Cirebon Segera Gelar Vaksinasi Maassal Tahap 2

- Senin, 26 Juli 2021 | 07:30 WIB
Antusias masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk mendapatkan vaksin cukup tinggi. Namun hal ini tidak dibarengi dengan ketersediaan vaksin. Keterbatasan suplai vaksin membuat upaya vaksinasi terhambat.
Antusias masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk mendapatkan vaksin cukup tinggi. Namun hal ini tidak dibarengi dengan ketersediaan vaksin. Keterbatasan suplai vaksin membuat upaya vaksinasi terhambat.

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Kegiatan vaksinasi massal Covid-19 tahap kedua akan digelar kembali di Kota Cirebon. Vaksinasi nantinya diharapkan membuat herd immunity segera terbentuk di daerah tersebut.

Dilansir dari Republika.co.id, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menyebut, vaksinasi massal Covid-19 tahap kedua rencananya akan digelar mulai 27 Juli sampai 2 Agustus 2021. Adapun lokasinya masih di tempat yang sama saat vaksinasi massal tahap kesatu, di Arhanud 14/PWY Cirebon.

"Untuk vaksinasi itu disediakan 13.800 vaksin yang berasal dari Polres Cirebon Kota dan TNI," terang Edy, Ahad, 25 Juli 2021.

Edy mengatakan, selain vaksin dari TNI dan Polri, pihaknya juga tetap menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga di setiap puskesmas di Kota Cirebon. Adapun target vaksinasi di puskesmas itu mencapai 50 orang setiap harinya.

Selain itu, adapula vaksinasi di rumah sakit. Targetnya, sebanyak 102 orang setiap harinya.

Edy menjelaskan, untuk melaksanakan vaksinasi COvid-19 di puskesmas,  vaksinnya berasal dari stok yang ada di Dinkes Kota Cirebon. Dia mengatakan, beberapa waktu yang lalu pihaknya mendapat kiriman 18 ribu vaksin. Seluruh vaksin itu, harus sudah disuntikkan kepada warga Kota Cirebon hingga akhir Juli 2021.

Edy berharap, pasokan vaksin bisa terus tersedia sehingga bisa mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon. Dengan demikian, herd immunity di Kota Cirebon bisa segera tercapai. Menurutnya, herd immunity bisa tercapai jjika cakupan vaksinasi sudah 70 persen dari jumlah penduduk.

"Cakupan vaksinasi kita (Kota Cirebon) sekarang sudah mendekati  40 persen," tandas Edy.

Syarat Vaksinasi

Vaksinasi tahap 2 diperuntukkan bagi seluruh masyarakat berusia di atas 18 tahun yang telah memiliki KTP dan telah mendaftar secara daring (online).

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Kini Giliran Kabel PJU Cianjur Kota Digasak Maling

Selasa, 21 September 2021 | 14:27 WIB

Pemerintah Pusat Didorong Segera Bangun Jalur Puncak 2

Senin, 20 September 2021 | 09:50 WIB
X